Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 8 Desember 2017 | 15:00 WIB
  • Sayur Lodeh Buatan Istri Wali Kota Solo, Favorit Megawati

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Fajar Sodiq (Solo)
Sayur Lodeh Buatan Istri Wali Kota Solo, Favorit Megawati
Photo :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq/ Solo
Istri Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Endang Prasetyaningsih (tengah)

VIVA – Keahlian memasak istri Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo Endang Prasetyaningsih diakui mantan Presiden Megawati Soekarnoputri. Saking gandrungnya, Ketua Umum PDIP itu selalu minta 'jatah' kiriman masakan olahan rumahan itu ke kediamannya di Jakarta.

Endang mengakui bahwa Megawati Soekarnoputri sangat suka dengan masakannya. Bahkan, setiap kali berkunjung ke Solo selalu minta disediakan menu masakah olahannya.

"Bu Mega itu selalu minta disajikan masakan saya kalau sedang di Solo," kata dia usai demo masak di hadapan karyawati dan Dharma Wanita PDAM Solo, Jumat, 8 Desember 2017.

Endang pun menyebutkan menu-menu yang paling disukai putri Soekarno itu. Adapun masakan tersebut di antaranya, sayur lodeh bung, oseng-oseng daun pepaya, oseng-oseng pare, oseng-oseng ati ampela hingga bothok mlanding.

"Ibu paling suka itu sayur lodeh bung dan oseng-oseng ampela ati. Kadang Bu Mega itu minta untuk dibungkus jika akan kembali ke Jakarta," ujarnya.

Ia pun menuturkan, kesukaan Megawati dengan masakannya juga terlihat ketika setiap sebulan pasti kangen dengan sayur olahannya. Sang suami jika bertugas ke Jakarta juga akan membawakan sayur masakannya ke rumah Mega.

"Kadang Bu Mega bilang ke bapak, 'Rud, aku suwe (lama) banget enggak dimasakin mbakè (istri Wali Kota Solo)'," kata dia menirukan ucapan Megawati kepada suaminya.

Endang pun mengakui selain Megawati, putrinya Puan Maharani serta Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga menyukai masakannya. Bahkan, setiap kali datang ke rumahnya selalu menanyakan masakannya.

"Pak Ganjar itu kadang nanyain, 'ini masakannya Bu Rudy bukan ya. Kalau enggak masakannya ibu, aku enggak mau'," kata dia menirukan ucapan Ganjar.

Meski keahliannya memasak sudah diakui sejumlah tokoh, namun Endang belum bisa mewujudkan keinginannya untuk membuka warung makan.

"Saya masih sibuk mendampingi bapak. Nanti kalau saya buka warung, bisa-bisa dua hari buka terus dua hari tutup. Tapi kelak saya berkeinginan membuka warung makan," harapnya.

Karena terkenal memiliki keahlian memasak, istri Wali Kota Solo itu juga menyebabkan pihak PDAM Kota Solo mengundangnya untuk melakukan demo masak sayur lodeh. Ia mempraktikkan mulai dari menyalakan arang hingga memasak sayur lodeh.

Setelah melihat cara memasak istri Wali Kota Solo, para karyawan PDAM pun diminta untuk mempraktikkannya dalam lomba masak tersebut.