Cara Sederhana Atasi Anak Isap Jari

Ilustrasi anak
Sumber :
  • Pixabay/Collusor

VIVA.co.id – Mengisap jari adalah salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan oleh balita. Tak sedikit pula yang akhirnya membawa kebiasaan ini hingga mencapai umur lima tahun. 

Siswa SMKN di Nias Selatan Tewas Diduga Aniaya, Kepala Sekolah Jadi Tersangka

Banyak yang bertanya apakah kebiasaan ini wajar. Untuk anak berusia 0-18 bulan hal ini adalah wajar. Hal ini disampaikan oleh spesialis anak, dr. Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC. Di usia tersebut anak mengalami fase oral, yaitu fase saat anak mendapatkan kenyamanan dari aktivitas yang dilakukan oleh mulutnya.

"Kalau dari sisi perkembangan anak mereka punya fase oral. Anak usia 0 sampai 18 bulan ada di fase ini. Artinya, apa pun yang bikin dia nyaman, dia dapat dari mulutnya, sehingga kalau enggak disusui mereka masukkan barang ke mulut," ujar dr. Wiyarni.

Menaker Ida Fauziyah Raih 2 Penghargaan dari The Iconomics

Dia mengatakan hal ini umum terjadi pada anak. Tak hanya itu, banyak yang mengira bahwa mengisap jari adalah tanda bahwa sang anak kelaparan, padahal kenyataannya tidak demikian.

"Isap tangan semua anak melakukan. Pada bayi isap tangan bukan tanda lapar tapi bosan," ungkapnya.

JK Ogah Komentari Wacana Anies Maju Pilgub Jakarta

Kebiasaan ini perlahan akan hilang seiring bertambahnya usia. Namun, jika kebiasaan ini terbawa hingga anak cukup besar, Anda harus mulai mengalihkan perhatiannya dari jari tangan pada hal yang lebih menarik. Tentunya pengalihan ini tidak bisa dengan paksaan dan langsung mendapati perubahan.

"Pada anak yang sudah besar itu bisa diberitahu untuk pelan-pelan dihentikan. Cari kegiatan lain, dia akan lupa mengisap jempolnya. Prinsipnya enggak melarang dengan frontal, tapi mengalihkan untuk melupakan mengisap tangan," jelasnya. (ase)

Hino Bus RM 280 ABS

Bus Hino RM 280 ABS Jadi Andalan di Kalimantan Tengah

PO Yessoe Travel sebagai perusahaan transportasi darat di Kalimantan Tengah, resmi memperkuat armada busnya dengan 5 unit Hino Bus RM 280 ABS terbaru. Penyerahan armada d

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024