Amankah Memijat Perut Balita yang Sakit?

Perut "keroncongan" terjadi karena perut yang biasanya terisi menjadi tidak berisi.
Sumber :
  • pixabay/Lucken

VIVA.co.id – Masih banyak orangtua yang percaya cara-cara tradisional dalam menangani masalah kesehatan pada anak.

Dianggap Sepele, Permainan Ini Ampuh Asah Kemampuan Anak Balita

Salah satunya adalah menggunakan minyak dan bawang untuk memijat perut yang mengalami masalah pencernaan seperti sakit perut. Namun apakah cara tersebut aman?

Ahli gastroenterologi anak dr. Badriul Hegar, Sp.A(K) menuturkan, secara klinis memang belum ada bukti yang menyatakan cara tradisional ini efektif untuk penanganan masalah pencernaan anak.

Tega, Ibu Ini Rela Tukar Anaknya untuk Ditukar dengan Kokain

Meski demikian, Hegar juga tidak melarang sama sekali cara tersebut. Bahkan ia pun juga masih menggunakan cara tersebut.

"Memijat memang bisa menstimulasi gerakan cerna. Tidak berbahaya, tapi harus benar juga gerakannya," kata Hegar kepada VIVA.co.id belum lama ini.

Sering Main Gadget Sebabkan Gangguan Mental pada Balita

Ketika memijat, gerakan yang dianjurkan adalah searah jarum jam. Dari bawah ke atas, samping, kemudian ke bawah lagi. Gerakan ini, kata Hegar, sesuai dengan bentuk usus besar.

Selain itu, sebaiknya gunakan minyak telon atau minyak yang sesuai untuk anak-anak untuk memijatnya. Sebelum mengoleskannya, ada baiknya uji alergi terlebih dahulu dari minyak yang akan digunakan.

"Jangan menggunakan bawang juga, kasian anaknya jadi bau," kata Hegar.

Tidak hanya dapat menenangkan masalah di perut anak, pijatan ini juga bisa menjadi salah satu cara membangun ikatan dengan buah hati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya