Bunda, Kenali Tiga Tanda Autisme pada Anak

Ilustrasi anak-anak.
Sumber :
  • pixabay/Kadie

VIVA.co.id – Anak dengan autisme masih kerap mendapat diskriminasi dan stigma negatif di masyarakat. Padahal jika dikenali dan ditangani lebih awal, bukan tidak mungkin  mereka punya potensi yang tidak kalah dengan anak kebanyakan.

Melawan Stigma Buruk Autisme di Indonesia

"Kepedulian terhadap anak dengan gangguan spectrum autism saja tidak cukup. Mereka harus diterima di masyarakat agar potensinya berkembang maksimal, “ ungkap Melly Budhiman, Ketua Yayasan Autisma Indonesia, seperti dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Senin 8 Mei 2017.

Di samping itu, Eva Suryani, Sp. KJ., dokter spesialis kejiwaan dari Rumah Sakit Siloam, mengatakan, autisme sudah bisa didiagnosis pada anak dengan rentang usia 0-3 tahun.  Ada tiga tanda-tanda penting untuk mendeteksi autisme. Pertama adalah kesulitan bahasa (bicara), interaksi sosial dan melakukan gerakan terbatas serta pengulangan.

Wujud Cita Pejuang Indonesia Ramah Autis, Hadirkan Edukasi untuk Lawan Stigma di Indonesia

"Anak yang memiliki gangguan autisme biasanya tidak merespons ketika namanya dipanggil, lebih suka menyendiri, tidak suka dipeluk, tidak ada kontak mata, serta sering melakukan gerakan berulang-ulang," kata dia.

Eva pun mengingatkan bahwa diagnosis autisme anak sejak dini bisa bermanfaat bagi para orangtua. “Sebenarnya kalau kita bisa kenali sejak dini, penanganannya juga bisa lebih awal,” kata dia.

Alvinia Christiany, Atasi Stigma Autism di Indonesia Lewat Teman Autis

Di samping itu, ungkap Melly Budhiman, Ketua Yayasan Autisma Indonesia juga menambahkan, pentingnya kerja sama semua sektor untuk mengembangkan potensi anak dengan autisme. Dia melanjutkan, stigma negatif dan diskriminasi juga harus dihilangkan.

“Stigma autism yang melekat yaitu gangguan jiwa adalah tidak benar. Dan hal itu harus dihilangkan di tengah masyarakat. Solusinya adalah sosialisasi dan kerja sama semua pihak,“ kata dia.

Ilustrasi anak bermain.

5 Rekomendasi Permainan, Bisa Tingkatkan Motorik Kasar dan Halus Anak Berkebutuhan Khusus

Tak sedikit dari orang tua yang dianugerahi anak berkebutuhan khusus, termasuk  Autism Spectrum Disorder atau autisme. Mereka tetap punya hak sama termasuk untuk bermain

img_title
VIVA.co.id
20 Oktober 2023