Studi: Pijat Efektif Tingkatkan Berat Badan Bayi

Ilustrasi bayi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Siapa sangka, berat badan si kecil dapat ditingkatkan dengan cara mudah. Ya, cukup melalui pijat bayi, berat badan si kecil bisa ditingkatkan.

Berat Badan Bayi Tak Kunjung Naik, Jangan Diam Saja

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada bayi prematur atau bayi lahir sebelum usia kandungan sembilan bulan, pijat yang dilakukan pada kelompok tersebut, efektif meningkatkan berat badan. Dibandingkan pada bayi prematur lainnya yang tidak diberikan terapi pijat.

"Sebanyak 47 persen bayi prematur yang dilakukan pijat, mengalami kenaikan berat badan dibanding bayi prematur yang tidak dipijat. Banyak teori yang mendukung penemuan studi ini," ujar spesialis anak, dr. Bernie Endiarini, Sp.A(K), dalam peluncuran program Johnson's Baby Sentuhan Penuh Harapan, di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu 24 Mei 2017.

Aturan Memberi Pijatan pada Bayi Agar Berefek Baik

Dituturkan Bernie, usai pemijatan, peredaran darah di seluruh tubuh si kecil, bisa berjalan lancar. Selain itu, bagi bayi, pijat terasa seolah-olah sebagai 'olahraga kecil'.

"Karena seolah-olah seperti olahraga, bayi merasa kalori cepat keluar. Di sini, bisa memicu lapar dan akhirnya intake makanan meningkat," papar Bernie.

Aturan Wajib Sebelum Lakukan Pijatan pada Bayi

Teori lain, lanjut Bernie, ada kemungkinan hormon atau enzim yang diproduksi, usai pijat dilakukan. Enzim itu yang akhirnya memicu rasa lapar pada bayi.

"Pijat itu bisa memengaruhi enzim saluran pencernaan. Saat enzim itu terbentuk, lambung akan kosong dengan cepat, bayi terasa lapar dan makannya bisa banyak," kata dia.

Deteksi pertumbuhan anak

Cara Tepat Mendeteksi Anak Gagal Tumbuh

Cara yang dilakukan masih sering salah.

img_title
VIVA.co.id
15 Agustus 2018