Empat Hal Ini Wajib Dilakukan Wanita saat Baru Menjadi Ibu

Ibu dan bayi.
Sumber :
  • Pixabay/grisguerra

VIVA.co.id – Perubahan pasti akan Anda hadapi begitu Anda menyadari Anda akan segera menjadi orangtua. Kehadiran seorang bayi tidak bisa dihindari akan membuat kehidupan Anda naik-turun.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Beberapa tips berikut bisa memberi Anda panduan menghadapi kehidupan baru sebagai seorang ibu seperti dilansir Times of India.

1. Belajar menghadapi emosi

Moms, Ini Cara agar Tak Mudah Stres dan Bisa Bonding dengan Anak

Sangat normal jika Anda merasa sering kewalahan dan bingung. Tapi ingat, banyak ibu baru lainnya yang juga mengalami emosi yang sama dan belajar untuk menghadapinya. Jangan ragu untuk meminta pertolongan. Keluarga Anda pasti akan sangat senang untuk membantu dan meringankan beban Anda.

2. Selalu berkonsultasi dengan dokter

7 Perilaku Gaslighting Orangtua pada Anak, Banyak yang Gak Sadar

Orangtua baru pasti akan dibombardir dengan berbagai saran, masukan, dan ramuan-ramuan tradisional tanpa diminta. Meski mendengarkan saran orang lain dianjurkan, tapi alangkah lebih baik jika Anda selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba apapun.

3. Atur jadwal Anda

Anda juga harus mengatur waktu Anda dengan lebih baik. Buat jadwal dengan pasangan siapa yang bertugas mengganti popok, memberi makan, dan sebagainya. Sehingga tanggung jawab pun terbagi dan membuat Anda bisa menikmati menjadi orangtua daripada menjadi terbebani dengan tanggung jawab ini.

4. Membuat perencanaan keuangan

Selain itu, penting juga untuk membuat perencanaan keuangan untuk bayi Anda. Meskipun di usia beberapa bulan pertama bayi hanya bisa makan, bersendawa, dan tidur, tapi Anda harus memikirkan tentang masa depannya, merencanakan sekolah dan pengeluaran lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya