Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 16 Juli 2017 | 13:45 WIB
  • Calon Ayah, Jaga Pola Hidup Demi Kesehatan Janin

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Diza Liane Sahputri
Calon Ayah, Jaga Pola Hidup Demi Kesehatan Janin
Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi pria mengasuh anak.

VIVA.co.id – Asupan gizi si kecil sudah seharusnya dipersiapkan semenjak dini, bahkan sebelum ia lahir. Sebab, gizi memiliki peranan penting dalam pertumbuhan janin kelak.

Gizi untuk janin, disarankan oleh para ahli agar dipersiapkan oleh para calon ibu dan ayahnya. Artinya, nutrisi yang baik harus dikonsumsi oleh para pria dan wanita yang sedang beranjak remaja, sebelum bersiap menjadi ayah dan ibu.

"Gizi yang didapat janin akan pengaruhi kesehatan anak. Gizi ini sudah seharusnya diberikan sejak calon ayah dan ibunya beranjak dewasa. Jangan sampai asupan gizi baik ini terlambat," ujar spesialis Obgyn, M. Adya Dilmy, SpOG., dalam acara silaturahmi PT Kalbe, di kantor Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Jakarta, Minggu, 16 Juli 2017.

Banyak yang mengira, nutrisi janin hanya dipengaruhi oleh pihak wanita. Padahal, pihak pria juga memiliki pengaruh besar dalam membentuk sperma yang berkualitas, untuk akhirnya menjadi janin yang baik dan kokoh.

"Nutrisi bagi suami juga penting. Karena kesehatan sperma itu pembawa bahan kinetik untuk janin kelak. Hal ini berdampak pada kesehatan anak, salah satunya menghindari kecacatan," kata dia.

Untuk itu, pola hidup para calon ayah dan ibu, harus mencakup gizi yang baik. Di mana, konsumsi porsi piring seimbang, disarankan sejak dini dengan perbanyak sayuran sebagai serat.

"Makan makanan bergizi mulai dari sayur, ikan, susu. Kemudian, jangan merokok atau minum alkohol karena itu berdampak pada proses kesehatan janin semenjak dini," ucapnya.