Cara Cerdas Memuji Anak, Tanpa Berlebihan

Ibu dan anak.
Sumber :
  • pixabay/publicdomainpictures

VIVA.co.id – Rasa percaya diri adalah modal penting bagi masa depan anak. Tak hanya bersosialisasi, rasa percaya diri juga menentukan karier si kecil di masa depan.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Namun, bukanlah hal yang mudah menerapkannya dalam pola pengasuhan anak. Tak hanya diajarkan, rasa percaya diri anak juga bisa dipupuk dengan cara mencontohkan.

"Orangtua yang percaya diri akan menurun kepada anaknya. Setelah melewati masa pertumbuhan, anak akan menjadi sosok yang percaya diri seperti orangtuanya," ujar D'Arcy Lyness, PhD, psikolog anak-anak dan remaja. Seperti dilansir dari laman Kidshealth.

Moms, Ini Cara agar Tak Mudah Stres dan Bisa Bonding dengan Anak

Lebih lanjut, Lyness mengungkapkan bahwa memuji penampilan dan bentuk tubuh anak misalnya "kamu cantik," atau "mama suka rambut kamu," juga mampu meningkatkan rasa percaya dirinya.

Berikut ini, Lyness merangkum beberapa tips sikap yang bisa dilakukan orangtua untuk meningkatkan rasa percaya diri anak.

7 Perilaku Gaslighting Orangtua pada Anak, Banyak yang Gak Sadar

Jadilah figur

Jika Anda ingin meningkatkan rasa percaya diri Anda, jadilah figur. Anda bisa menjadi lebih baik, sehingga mampu memperbaiki pandangan buah hati Anda, sehingga mengubah pandangan terhadap dirinya. Mulailah dengan rencana Anda sendiri, hindari mengkritik bagaimana penampilan Anda, atau penampilan orang lain.

Perlakukan diri Anda dengan baik misalnya makan dengan benar, berolahraga, dan berhematlah. Intinya, mulailah berusaha berusaha untuk berkomentar positif tentang penampilan kita.

Berikan pemahaman

Bicaralah dengan putri Anda bahwa istilah 'cantik' adalah relatif dan tidak melulu soal bentuk tubuh. Jika ada sesuatu yang ingin Anda perbaiki soal fisik maka temukan cara sehat untuk mewujudkannya.

"Melakukan yoga atau olahraga misalnya lari pagi bersama keluarga, tak hanya sehat bagi anak-anak namun juga dapat membantu memperkuat ikatan ibu-anak," ujar Lyness.

Banggakan penampilan Anda tapi tidak berlebihan

Tunjukkan pada buah hati Anda bahwa Anda merasa nyaman merawat diri sendiri, tapi jangan lupa untuk menekankan bahwa kualitas dan kebaikan diri dari dalam juga tak kalah penting.

Hindari membuat komentar negatif

Fokuslah pada hal-hal positif tentang penampilan dan si buah hati. Daripada mengeluh tentang seberapa besar kaki Anda, atau seberapa gemuk diri Anda. Selain itu hindari juga membandingkannya dengan orang lain.

Katakan padanya dia cantik, tapi juga berbakat

Beri tahu putri Anda bahwa dia cantik. Lalu jangan lupa katakan juga hal lain yang positif tentang putri Anda.

"Katakan saja bahwa ia berbakat, agar pendapatnya tidak fokus pada kecantikan semata," ujar Lyness.

Puji juga tentang hal-hal yang dia sukai. Misalnya mengatakan "kamu memiliki suara nyanyian yang indah, ibu bangga kepadamu," atau "daya tahan kamu hebat di lapangan nak, ayah yakin kamu akan memenangkan pertandingan ini!" Akan membantu membangun kepercayaan dirinya dan meyakinkannya bahwa dia dapat melakukan hal-hal besar.

Ketika anak-anak terutama anak perempuan dan orangtuanya tidak terlalu fokus pada penampilan mereka, mereka dapat menikmati bagian kehidupan yang lebih penting yang benar-benar diperhitungkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya