Tanpa Disadari, Sikap Ini Adalah Bully

Ilustrasi korban bullying
Sumber :
  • Pixabay/ wokandapix

VIVA.co.id – Bully, atau perundungan, tidak terbatas hanya pada perilaku fisik saja. Ragam dan jenisnya sangat luas. Namun, banyak masyarakat yang tidak mengenali bahwa beberapa sikap tertentu, termasuk ke dalam perilaku bully.

Skandal Baru! Aktris Money Heist Korea Jeon Jong Seo Dituding Terlibat Bullying

Perundungan yang kerap dilihat oleh masyarakat luas, hanya mencakup kekerasan fisik saja. Padahal, jika digali lebih dalam, perundungan memiliki banyak sikap yang patut diperhatikan.

"Perundungan itu ada tiga yakni fisik, verbal, dan relasional. Fisik yang paling sering dilihat, karena kekerasan fisik bisa dilihat di mana saja," ujar Spesialis Komunikasi dan Media, Laras Sekarasih, Ph.D., dalam diskusi publik, di Fakultas Psikologi UI, Depok, Rabu 26 Juli 2017.

Buntut Dugaan Kasus Bullying, Agensi Jeon Jong Seo Ambil Tindakan Hukum

Perundungan secara verbal, lanjut Laras, yakni berupa hinaan, celaan, serta ancaman dari seseorang. Kemudian, perundungan yang sangat jarang terdeteksi, yaitu jenis relasional.

"Perundungan relasional itu dalam bentuk menyebarkan rumor buruk tentang seseorang, atau mengucilkan seseorang. Itu yang sulit dideteksi," paparnya.

Agensi Benarkan Song Ha Yoon Pernah Dipindah Sekolah karena Kasus Bullying

Laras melanjutkan, peran media hiburan terhadap kasus perundungan ini, sangat besar. Ragam tontonan yang dipaparkan oleh media hiburan, seringkali tidak mendidik dan malah memicu kekerasan terjadi.

"Semakin banyak acara dengan konten seperti itu di media hiburan, paparannya yang semakin sering, membuat orang berpikir bahwa melakukan kekerasan dalam bentuk apapun adalah solusi yang tepat. Hal seperti ini yang sebaiknya dipikirkan untuk anak," kata dia. (asp)

Ilustrasi dokter/rumah sakit.

Marak Kejadian Perundungan, Kemenkes Lakukan Skrining Kesehatan Jiwa Pada Calon Dokter Spesialis

Hasil skrining Kemenkes soal kesehatan jiwa calon dokter spesialis do 28 rumah sakit, terdapat 2.716 calon dokter spesialis yang didiagnosa mengalami depresi.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024