Orangtua Sibuk Cari Nafkah, Komunikasi dengan Anak Berkurang

Ilustrasi ibu dan anak bermain
Sumber :
  • Pixabay/ golso

VIVA.co.id – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise kembali menegaskan pentingnya perlindungan anak yang dimulai dari keluarga. Dia menjelaskan, pemahaman masyarakat tentang pemenuhan hak anak sangat penting untuk meningkatkan perlindungan anak. 

Kantor Staf Presiden Soroti Perlindungan Hak Anak di Sisa 8 Bulan Kerja

"Di Indonesia masih banyak kasus di mana anak menjadi korban misalnya tekanan ekonomi hampir seluruh waktu keluarga digunakan untuk mencari nafkah agar dapat memenuhi kebutuhan yang paling dasar, sehingga komunikasi dengan anak menjadi sangat kurang," kata dia dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Senin 31 Juli 2017. 

Dia melanjutkan, bahwa hal yang demikian akan memicu anak menjadi korban, sehingga mencari pelarian ke tempat lain. Masalah lain yang juga kerap terjadi karena minimnya pemenuhan hak anak ialah meningkatnya berbagai kasus kekerasan terhadap anak baik kekerasan fisik maupun seksual, pornografi dan sebagainya di mana anak bukan lagi menjadi korban melainkan sudah terlibat sebagai pelaku.

Marah ke Anak, Lantas Apa yang Harus Dilakukan Orangtua?

"Hal ini tidak lain disebabkan oleh kurangnya komunikasi dalam keluarga yang akhirnya membuat anak-anak menjadi cemas, tidak bahagia, tidak nyaman dan tidak aman," kata dia. 

Akibat yang muncul kemudian akan  memengaruhi, masa kecil dan tahapan tumbuh kembang mereka menjadi terabaikan.  

Polisi Gerebek Panti Asuhan di Medan, Diduga Eksploitasi Anak di Tiktok

"Untuk itu semua lapisan masyarakat harus menyadari pentingnya perlindungan terhadap anak di berbagai bidang, seperti  pendidikan, pengasuhan,  kesehatan, gizi, dan lain-lain sehingga masa depannya dapat terjamin dengan baik”, ujar Yohana.

Aktris Tsania Marwa jadi Saksi dalam Sidang MK Perihal Hak Asuh Anak

Cerita Tsania Marwa Ketika Hadiah Untuk Anak-anaknya Malah Dikembalikan Mantan Suami

Tsania Marwa mengungkapkan kesedihannya ketika ia memberikan hadiah kepada anak-anaknya, namun hadiah tersebut malah dikembalikan lagi oleh mantan suaminya, Atalarik Syah

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024