Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 11 Agustus 2017 | 16:02 WIB
  • Lima Nutrisi Krusial yang Wajib Dipenuhi saat Hamil

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Putri Firdaus
Lima Nutrisi Krusial yang Wajib Dipenuhi saat Hamil
Photo :
  • Pixabay/Pexels
Ilustrasi ibu hamil.

VIVA.co.id – Masa kehamilan adalah, saat tubuh ibu membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi. Anda tentu tahu bahwa nutrisi yang baik diperlukan agar bayi dan ibu tetap berada dalam kondisi yang baik pula hingga pascakelahiran.

Seperti diketahui, nutrisi mengandung komponen makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien terdiri dari protein, karbohidrat dan lemak, sedangkan mikronutrien terdiri dari vitamin dan mineral.

Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG(K) menyebutkan bahwa 70 persen total kalori yang dikonsumsi ibu hamil di Indonesia adalah karbohidrat, namun kebutuhan mikronutriennya banyak tidak terpenuhi.

"Ibu hamil dan menyusui harus menyadari bahwa kekurangan mikronutrien tidak hanya berdampak pada janin sewaktu hamil tetapi juga sepanjang hidupnya," ujar dr. Damar.

Mikronutrisi yang dianjurkan untuk dimaksimalkan asupannya saat kehamilan yaitu asam folat, zat besi, yodium, kalsium dan omega-3. Kelima mikronutrisi ini juga sebaiknya tetap terjaga asupannya di masa menyusui. Disarankan agar asupan nutrisi di atas dipenuhi dengan cara memperbanyak konsumsi buah dan sayur segar.

"Kekurangan mikronutrien ini bisa diatasi dengan meningkatkan konsumsi sayuran dan buah segar dan berbagai jenis sumber protein. Pastikan mikronutrien yang dikonsumsi mengandung asam folat, zat besi, rangkaian viamin B, omega-3 terutama DHA, yodium dan kalsium," ujar Profesor Dr. Lesley Braun, PhD, Direktur Blackmores Institute

Kelima mikronutrien di atas diklaim sebagai kunci utama untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi, mengurangi risiko prematur dan berat bayi lahir rendah (BBLR), meningkatkan kualitas pertumbuhan janin hingga meningkatkan performa anak di sekolah kelak.