Cara Presenter Farhan Hadapi Hoax di Grup Chat Keluarga

Presenter Farhan
Sumber :
  • Viva.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Hampir semua orang memiliki grup chat keluarga. Dan seringkali informasi yang disebar ke dalam grup tersebut berasal dari sumber yang tidak kredibel atau belum dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Tanggapi Berita Hoax, Depe: Setiap yang Viral, di Situ Ada Dewi Perssik!

Lalu, apa yang sebaiknya Anda lakukan jika mendapati hal seperti ini di dalam grup Anda? Terutama jika yang membagikan informasi berusia lebih tua dibanding Anda. Muhammad Farhan, presenter kawakan sekaligus penyiar radio ini punya cara sendiri menghadapinya.

"Saya sih challenge (yang menyebar berita), samperin. When it comes to the truth hajar aja," kata Farhan saat ditemui seusai kampanye 'Think Before You Share' oleh Facebook dan Yayasan Cinta Anak Bangsa di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Senin, 28 Agustus 2017.

Dikabarkan Meninggal Dunia, Gilang Dirga Tak Marah, Kenapa?

Samperin yang dimaksud oleh Farhan adalah dengan langsung menanyakan sumber informasi yang disebarkan. Hal ini pun dilakukan bukan dengan mengirim pesan pribadi langsung pada si penyebar informasi, tetapi langsung di dalam grup tersebut.

"Langsung di-counter, jangan japri (jaringan pribadi) langsung di grup karena kita tuntut dia untuk bertanggungjawab sama yang dia omongin," kata dia.

Heboh, Warga Tasikmalaya Diterpa Berita Hoax Kiai Tewas Bersimbah Darah

Namun, kata dia, tetap lakukan dengan cara yang sopan. Intinya beranikan diri untuk bicara atau protes pada informasi yang sumber dan kebenarannya tidak jelas. "Kalau cuma 'dari grup sebelah' mah bukan sumber kredibel, tapi hanya rumor," kata dia. (mus)
 

Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad Geram Dituduh Lakukan Pencucian Uang, Begini Responnya

Raffi Ahmad lagi-lagi harus menghadapi kabar yang tidak menyenangkan. Pria yang sering disebut sebagai Sultan Andara ini dituduh terlibat dalam pencucian uang.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024