Kenali Tanda dan Ciri Kulit Sensitif pada Bayi

Ilustrasi bayi mandi.
Sumber :
  • Pixabay/Pavelkraus

VIVA.co.id – Bayi yang baru lahir, biasanya tingkat kekebalan tubuhnya belum terbentuk dengan sempurna. Tak heran, bayi sangat mudah tertular penyakit. Tak hanya itu, bayi, biasanya juga memiliki kulit yang sensitif.

Manfaat Ekstrak Daun Teh pada Kulit Bayi, Cegah Gatal hingga Radang

Saat masalah kulit pada bayi menyerang, seringkali membuat para orangtua panik dan bingung bagaimana cara untuk menanganginya. Dalam istilah medis, kulit sensitif atau atopic skin juga dikenal sebagai keadaan kulit yang menunjukkan adanya tanda-tanda gangguan pertahanan kulit dan sistem imun yang hiperreaktif terhadap bahan-bahan iritatif dan alergenik.

Tapi menurut dr Mirawati Setyorini Sp.KK, FINSDV, hal itu semestinya tidak perlu dikhawatirkan, jika para orang tua mengetahui gejala, dan cara tepat untuk mengatasi kulit sensitif tersebut.

Jangan Asal Oleskan Minyak Telon Pada Bayi, Ini Saran Dokter

"Gejala paling umum itu kulit kering, sering gatal saat berkeringat atau terkena bahan tertentu," ungkap Mira saat ditemui di acara Sentuhan Penuh Harapan Johnson Baby, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 31 Agustus 2017.

Dia melanjutkan, gejala lain yang juga kerap muncul ialah bercak putih atau seperti sisik pada bagian tertentu, baik wajah ataupun badan si kecil. Di samping itu juga sering terjadi infeksi kulit, dan bisa menjadi eksim.

Mengenal Dermatitis Atopik, Penyakit Kulit yang Rentan Diidap Si Kecil

Namun ia sekali lagi menegaskan bahwa orang tua tidak perlu khawatir, karena kulit sensitif tersebut bisa diatasi dengan berbagai cara, seperti misalnya dengan memandikannya rutin dua kali sehari.

"Kalau bisa pakai air yang jangan terlalu panas ideal 37 derajat Celcius, dan maksimal 40 Celcius, gunakan sabun non antseptiik, ph balanced (4 5-55), hipoalergenik, dan noniritatif," kata dia.

Dia juga menyarankan untuk tidak terlalu lama memandikan si kecil, yakni sekira 10-15 menit saja, dengan direndam maksimal 5 menit. Hal yang juga tidak kalah penting ialah melakukan pembilasan dengan sangat bersih.

"Untuk mengeringkan juga dengan handuk lembut tanpa pewangi dengan cara menepuk-nepuk pada bagian yang basah," kata dia.

Jika ingin dipakaikan lotion, sebaiknya dicoba dulu pada bagian kulit yang tidak terlalu besar, untuk melihat kenyamanan dan keamanannya.

"Hindari iritan pewangi pakaian, antiseptik, minyak kayu putih & sejenisnya, baju baru sebaiknya dicuci dulu, garukan, suhu ekstrim. Kemudian plih bahan baju dan handuk lembut," kata dia menambahkan.

"Intinya hindari bahan alergik dan bila terjadi eksim sebaiknya segera berobat ke dokter kulit."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya