Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 12 September 2017 | 09:15 WIB
  • Bahaya Susu Sapi pada Bayi di Bawah Usia 1 Tahun

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Diza Liane Sahputri
Bahaya Susu Sapi pada Bayi di Bawah Usia 1 Tahun
Photo :
  • Pixabay/Candice_Rose
Ilustrasi anak minum susu

VIVA.co.id – Memberikan susu sapi dalam bentuk formula untuk bayi seringkali dilakukan sejumlah ibu. Namun tahukah Anda, susu sapi yang diberikan untuk bayi di bawah usia satu tahun bisa memberikan dampak bahaya?

Dilansir laman The Health Site, susu sapi yang diberikan pada anak berusia di bawah satu tahun rentan meningkatkan risiko alergi. Bahkan yang lebih berbahaya, bisa mengganggu sistem pernafasan dan pencernaannya.

Seperti diketahui bayi usia di bawah satu tahun, tubuhnya belum mampu mentoleransi protein dalam susu, tidak menutup kemungkinan alergi tumbuh di sistem pernafasan dan pencernaan anak.

Menurut para peneliti, anak di bawah satu tahun yang kekurangan asupan ASI, akan membutuhkan nutrisi tambahan dari makanan lain. Namun, pemberian susu sapi formula dirasa kurang tepat, karena kandungannya yang rendah zat besi sehingga berisiko memicu anemia.

"Susu sapi dikaitkan dengan usia, di mana seharusnya tidak diberikan pada anak di bawah usia satu tahun. Sebab, susu sapi akan sulit diserap oleh ginjal anak yang belum matang dan sistem pencernaan lain," ujar ahli gizi, Nandan Joshi.

Dari catatan Rapid Survey on Children (RSOC), 42 persen bayi yang tidak mendapatkan ASI, akan diberikan susu sapi atau jenis susu lainnya. Kondisi tersebut ternyata berkaitan dengan meningkatnya kasus alergi.

"Alergi semakin meningkat di seluruh dunia. Insiden ini semakin meningkat di negara-negara berkembang. Alergi susu menjadi jenis alergi yang paling sering terjadi pada anak," ujar konsultan gastroenterologist anak, Lalit Bharadia.