Bahaya Gunakan Bedak untuk Area Lipatan Kulit Bayi

Ilustrasi bayi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Masih sering kita temui para orang tua yang kerap menaburkan bedak di sekitar bokong dan lipatan paha bayi sebelum memasang popok. Namun, tahukah Anda, cara ini ternyata sangatlah tidak dianjurkan.

Jangan Asal Oleskan Minyak Telon Pada Bayi, Ini Saran Dokter

Dokter anak sekaligus konsultan Ambroise Pare Hospital, Prancis, Dr. Jerome Valleteau de Moulliac mengatakan bahwa tindakan ini sudah dilarang di Eropa, mengapa? Karena bedak dapat memicu tumbuhnya jamur dan perkembangan bakteri apalagi di daerah tertutup seperti bokong dan lipatan paha.

"Ini bukan hukum, tetapi ini adalah larangan dari para dokter anak di sana," kata dr. Moulliac dalam temu media Corine de Farme di Jakarta, Rabu, 13 September 2017.

Mengenal Dermatitis Atopik, Penyakit Kulit yang Rentan Diidap Si Kecil

Tak hanya iritasi, bedak akan menyerap keringat, kemudian terakumulasi lalu memicu pertumbuhan jamur dan bakteri. Infeksi kulit adalah hal buruk yang mungkin terjadi akibat pemakaian bedak ini.

"Infeksi akan terjadi akibat penumpukan jamur," kata dia.
 
Penggunaan bedak diperbolehkan di area lain seperti perut, wajah tetapi tidak di daerah lipatan. Ingat, kulit bayi masih sangat sensitif dan masih belum dapat melindungi tubuh dengan maksimal layaknya orang dewasa.

Kulit Bayi Masih Sensitif, Jangan Asal Pilih Produk
Ilustrasi bayi/anak/anak tidur.

Manfaat Ekstrak Daun Teh pada Kulit Bayi, Cegah Gatal hingga Radang

Menurut ahli, sebagai organ terluas yang melindungi tubuh, kesehatan kulit perlu dijaga terutama pada kulit bayi yang lebih sensitif dan belum berfungsi optimal.

img_title
VIVA.co.id
13 Oktober 2021