Tips Atur Penggunaan Gadget pada Anak

Anak dan gadget
Sumber :
  • Pixabay/ StarupStockPhotos

VIVA.co.id – Membatasi penggunaan gadget pada anak tampaknya sudah sulit dilakukan, karena paparan teknologi  sudah ada, bahkan sejak mereka lahir. Orang tualah yang perlu pintar menyiasati agar gadget memberikan lebih banyak dampak positif bagi anak.

Bunda, Ini Cara Kenali Kondisi Anak Kecanduan Gadget

Bagaimana caranya? Sri Murwati Habir, Co-Founder Taman Bermain Kepompong menjelaskan bahwa diskusi, komunikasi saat bersama anak perlu dilakukan saat mereka tengah berhadapan dengan gadget.

"Media diskusi sekarang tidak lagi TV, tetapi gadget. Sekarang mereka (anak) punya laptop sendiri, saat itu kita harus banyak diskusi dengan anak," kata perempuan yang akrab disapa Wati saat peluncuran PiBo di Jakarta, Rabu, 20 September 2017.

Terlalu Sering Main Gadget Picu Perubahan Perilaku Anak

Mengapa diskusi penting? Berbagai macam informasi dapat dengan mudah diperoleh, sehingga orang  tua perlu menjadi penyaring informasi yang datang tersebut.

Selain itu, gadget juga dikenal sebagai benda yang menurunkan jiwa sosialisasi anak. Anak yang terlalu sibuk dengan gadget kerap kehilangan kesempatan untuk merasakan pengalaman observasi bahasa tubuh orang lain.

Miris, 100 Anak dan Remaja Masuk RSJ Karena Kecanduan Gadget

Untuk mensiasatinya, usahakan anak tidak menggunakan gadget seorang diri. Anda bisa menjadi teman saat anak bermain gadget atau usahakan anak bermain gadget dengan temannya. Intinya, pastikan anak tetap bersosialisasi dengan orang lain saat bermain dengan gadget.

"Kita meminimalisir faktor negatif yang bisa terjadi, misal berkurangnya sosialisasi anak karena tidak melihat ke sekelilingnya. Mereka yang selalu melihat ke gadget tidak mendapat pengalaman observasi mengenai bahasa tubuh," jelas dia.

Anak-anak bermain gadget

3 Cara Batasi Anak Main Gadget Agar Tak Kecanduan

Dengan paparan gadget atau gawai yang ada di mana-mana, mengatur screen time atau waktu paparan layar gadget anak bisa menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua.

img_title
VIVA.co.id
8 November 2021