Diare Sebabkan Hasil Tes Intelektualitas Anak Rendah

Ilustrasi bayi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Diare dapat membawa dampak negatif terhadap tingkat kebugaran dan perkembangan mental anak. Selain itu, diare juga sebagai pemicu utama malnutrisi pada anak. 

Ciri Diare yang Berbahaya

Terlebih, pada bayi dan balita, diare menjadi salah satu penyebab terganggunya proses pertumbuhan yang berdampak pada kebugaran dan produktivitas di usia dewasa. 

Ahli nutrisi Emilia Achmadi mengatakan, lebih lanjut, terbukti bahwa diare berdampak besar pada perkembangan mental dan kesehatan. 

Kenali Gejala Anak Dehidrasi Saat Diare

"Anak-anak yang mengalami diare yang parah memiliki hasil tes intelektualitas yang rendah," ujarnya dalam keterangan tertulis kepada VIVA.co.id.

Diare juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit, mengganggu fungsi tubuh termasuk fungsi pencernaan. Terganggunya fungsi pencernaan ini akan membawa masalah baru dengan tidak terserapnya makanan maupun obat secara optimal.

Terlalu Cepat Kenalkan Makanan, Sebabkan Balita Rentan Diare

"Bayi, terlebih dengan usia di bawah enam bulan, dapat mengalami dehidrasi dalam waktu yang sangat cepat dibandingkan dengan anak balita, dalam satu sampai dua hari sejak diare mulai," lanjut Emilia.

Karena itu, kata Emilia, kondisi ini sangat berbahaya dan harus segera ditangani. Hubungi dokter anak Anda segera apabila temperatur tubuh di atas 102F atau 38.8C dan muntah. (hd)

ilustrasi bayi.

Bahaya Diare Berat Bisa Picu Gagal Ginjal pada Anak

Penyebabnya adalah putusnya pasokan darah secara tiba-tiba.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2018