Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 7 Oktober 2017 | 10:56 WIB
  • Cara Selebgram Babymoonella Hindari Cyber Crime

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Ayu Utami Paramitha
Cara Selebgram Babymoonella Hindari Cyber Crime
Photo :
  • VIVA.co.id/ Ayu Utami Paramitha
Moonella dan orangtuanya

VIVA.co.id – Di era media sosial seperti saat ini sering sekali orangtua memamerkan aktivitas buah hati mereka. Salah satunya di Instagram. Hal ini pula yang sering dilakukan ibunda dari selebgram Moonella Sunshine Jo, Merry Inggraiany.

Setiap kali mengupload aktivitas dan perkembangan tumbuh kembang Moonella, banyak warganet yang memuji bocah lucu ini. Bahkan, meski usia nya masih anak-anak, Moonella sudah memiliki banyak pengikut hingga mencapai 863 ribu.

Namun, meski aksi Moonella di akun Instagram babymoonella banyak disukai orang, sebagai orangtua, Merry tetap waspada dengan maraknya kasus cyber crime.

Cyber crime ini bukan hanya meresahkan,  tapi, bisa juga mengancam buah hati, karena foto-foto kegiatan yang diposting bisa disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Mengerti dan mengetahui mengenai hal ini Merry, ibunda dari Moonella Sunshine Jo atau yang akarb dipanggil dengan @babymoonella ini mengakui memang ada beberapa akun-akun Istagram yang melakukan hal tersebut. "Itu memang agak ngeri ya, itukan sesuatu hal yang enggak bisa kita kontrol karena sekarang banyak banget orang dengan gampangnya ngebuat akun baru, akun-akun bohong," ucapnya saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Sebagai langkah pencegahan, ibunda Moonella selalu berusaha memposting foto atau video buah hati dengan busana yang sopan. Ini dilakukan untuk mencegah si kecil mengalami serangan kejahatan di dunia maya.

"Aku selalu ngejaga pakaian Moonella, gaya fotonya Moonella memang harus tetap sopan sih," ucapnya.

Ia menceritakan salah satu cara untuk mengatasi kasus cyber crime ini, bisa juga dilakukan dengan memblokir  akun yang dinilai mencurigakan agar akun tersebut, tidak dapat melihat dan mengakses foto Moonella lagi.

"KaloKalau aku biasanya sekali aku diamin, dua kali aku masih diamin, ketiga kali pasti aku langsung blokir akun itu."

Mengenai komentar negatif, diyakini Merry memang tak bisa dihindari. Ia juga punya cara sendiri, untuk meredam komentar negatif di akun Instagram Moonella.

"Kalau komentar-komentar miring pasti ada ya. Biasanya aunty-aunty Moonella pasti langsung bantu buat ngebales komentar tersebut dan ngejelasin ke dia benarnya tuh gimana, ya akhirnya akun itu hilang sendiri," terangnya lagi.