Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 12 Oktober 2017 | 19:58 WIB
  • Cara Anak Roweina Umboh Hadapi Perundungan

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Bobby Agung
Cara Anak Roweina Umboh Hadapi Perundungan
Photo :
  • VIVA.co.id/Bobby Agung
Roweina Umboh dan putri sulungnya, Sharon Sahertian.

VIVA.co.id – Kasus bully atau perundungan, kerap dialami oleh anak-anak semasa duduk di bangku sekolah. Hal itu pernah dirasakan oleh Sharon Sahertian, putri sulung Roweina Umboh.

Sang ibu melihat indikasi tersebut saat anaknya masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak. Seiring berjalannya waktu, Roweina lebih memilih untuk menyekolahkan Sharon secara homeschooling.

"Bukan membuat anak enggak berteman, tapi enggak akan baik juga, gitu lho, kalau didiamkan. Di-bully kayaknya tanpa alasan sih," ujar Roweina kepada VIVA.co.id baru-baru ini.

Istri mendiang aktor James Sahertian itu mengaku bahwa dampak perundungan tidak hanya terasa dalam waktu dekat, melainkan di masa yang akan datang. Ia menyadari bahwa efeknya berkepanjangan.

"Kalau kayak anak saya ya enggak apa-apa, kuat mental. Tapi ada juga beberapa yang enggak. Sampai depresi bahkan bunuh diri," kata Roweina.

Sharon yang berada di samping ibunya, lantas angkat bicara. Ia merasa bahwa sakit yang dialami tak cuma terasa di luar, melainkan dalam diri.

"Yang paling menyakitkan sebenarnya bagaimana orang itu bikin sesuatu yang bisa kita rasakan dan efeknya masih bertahan lama. Untuk beberapa orang yang suka masih ketemu, aku bisa pucat karena masih ingat bagaimana rasanya (di-bully)," ucapnya.

Sharon dan Roweina bermain dalam film yang sama berjudul Mereka yang Tak Terlihat. Sinema bergenre drama horor tersebut, sedikit banyak membawa isu soal perundungan yang mampu mewakil keresahan ibu dan anak ini.

"Untungnya sih, yang aku curhatin ke mama agar semua orang sadar tuh ada di film ini. Pesannya sudah disampaikan," ujar Sharon.