Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 24 Oktober 2017 | 16:55 WIB
  • Permainan Modern Ajarkan Anak Jadi Analis Kriminal

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Adinda Permatasari
Permainan Modern Ajarkan Anak Jadi Analis Kriminal
Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi anak.

VIVA – Bermain bisa menjadi salah satu cara efektif bagi anak untuk mempelajari sesuatu. Contohnya adalah belajar menjadi seorang ahli forensik melalui permainan modern di salah satu mal di Jakarta.

Arena bermain yang dinamakan Eyevit National Investigation ini memberi kesempatan pada anak untuk menjadi Analis Kimia dan Analis Kriminal yang mengungkap suatu kasus pencurian.

"Analis Kimia akan mengolah bukti berupa DNA, sidik jari, dan rambut. Sementara Analis Kriminal akan mengumpulkan bukti-bukti dari tempat kejadian perkara," ujar Kerry Riza, Presiden KidZania Jakarta, saat peresmian establishment Eyevit National Investigation Agency di Pacific Place, Jakarta, Selasa, 24 Oktober 2017.

Dalam permainan berdurasi 20 menit ini, anak-anak tidak hanya belajar melalui pengalaman langsung yang menyenangkan, tapi juga belajar bagaimana pentingnya mata di era digital. Seperti kita ketahui, bahwa di era ini anak-anak sudah sangat akrab dengan penggunaan gawai.

"Biasanya mereka juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, establishment ini dapat memfasilitasi ketertarikan dan keingintahuan anak melalui aktivitas menarik dan didukung peralatan digital yang modern," kata Kerry.

Dengan demikian, anak-anak bisa mendapatkan alternatif pilihan cita-cita dan menambah wawasan. Anak-anak juga dapat menyerap nilai positif dan mengembangkan karakter seperti teliti, berhati-hati, pekerja keras, tekun, rasa ingin tahu yang tinggi, dapat bekerja sama dengan baik, memiliki kemampuan analisis, serta selalu menjaga kesehatan mata. 

Establishment ini dapat diikuti oleh anak usia 6-16 tahun dan dimainkan dalam tim. Setiap tim beranggotakan delapan orang dengan durasi permainan 20 menit. (ase)