Anak Butuh Dipantau Saat Bermain Gadget, Ini Triknya

Telepon - smartphone - mobile phone - hp - gadget - internet - generasi milenial
Sumber :
  • REUTERS/Nacho Doce

VIVA – Gadget kini menjadi kebutuhan manusia yang sulit untuk dilepaskan. Bahkan, anak-anak sekolah di zaman teknologi serba canggih ini, mulai memanfaatkan gadget untuk mengerjakan tugas-tugas sekolahnya. Namun, terkadang, anak-anak usia remaja, memanfaatkan gadget justru bukan untuk hal-hal yang penting. Seringkali, orangtua sulit membedakan saat buah hati tengah memanfaatkan gadget untuk mengerjakan tugas sekolahnya, atau hanya untuk bermain.

Terlalu Sering Main Gadget Picu Perubahan Perilaku Anak

"Memang susah untuk melihat anak sedang main gadget atau sedang mencari bahan . Apalagi anak-anak seringkali tricky, bilangnya sedang nyari tugas padahal hanya memainkan gadget," ujar Pakar Psikologi, Sani Hermawan kepada VIVA.co.id ditemui di kawasan Kelapa Gading, Jakarta.

Untuk mempermudah orangtua membedakannya, Sani menegaskan pentingnya berdialog secara terbuka dengan anak. Orangtua harus melakukan pendekatan terkait apa yang sedang anak lakukan dengan gawai tersebut.

Anak Main Gadget Tanpa Edukasi Ibarat Pegang Pisau tapi Bingung

"Dialog orangtua harus membuat anak mau terbuka, jadi tanya dulu, anak sedang melakukan kesibukan apa. Saat anak bilang sedang mengerjakan tugas sekolah, jangan lantas langsung percaya dan ditinggal," lanjutnya.

"Orangtua harus memantau apa yang anak cari di gawai itu. Beneran lihat pekerjaan rumah atau bukan," paparnya lagi.

Tambah Waktu Anak Bermain Gadget Sebagai Hadiah Justru Berbahaya

Selanjutnya, orangtua harus memberi target pada anak untuk memaparkan hasil pencarian dari tugas sekolah yang dikerjakannya. Sani memaparkan, orangtua harus memahami sejauh apa pelajaran sekolah anak.

"Target yang diberikan misal 30 menit kemudian, anak kita lihat rangkumannya apa dari pelajaran yang jadi tugasnya itu. Kita telaah hasil rangkumannya, kalau masih kurang, boleh pakai gawai lagi untuk mencarinya tapi tetap masih dipantau," jelasnya.

Anak-anak bermain gadget

3 Cara Batasi Anak Main Gadget Agar Tak Kecanduan

Dengan paparan gadget atau gawai yang ada di mana-mana, mengatur screen time atau waktu paparan layar gadget anak bisa menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua.

img_title
VIVA.co.id
8 November 2021