Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 6 November 2017 | 13:26 WIB
  • Penyebab Orang Indonesia Sulit Kenali Potensi Diri

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Adinda Permatasari
Penyebab Orang Indonesia Sulit Kenali Potensi Diri
Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi anak.

VIVA – Ucapan bahwa setiap orang pasti punya kelebihan, bukan sekadar kalimat kosong. Karena pada dasarnya, ada satu kelebihan yang dimiliki seseorang yang bisa menjadi potensi diri untuk berkembang.

Namun, seringkali banyak orang yang merasa seperti sulit menemukan kelebihan atau potensi itu dalam diri mereka.

Menurut psikolog Yasinta Indrianti, M.Psi, tidak ada manusia yang tidak memiliki kelebihan, karena itu sudah merupakan anugerah Tuhan. Yang menjadikan kelebihan ini tidak disadari adalah adanya budaya di Indonesia yang malu-malu mengakui kelebihannya.

"Orang Indonesia cenderung kalau komentar mengenai dirinya susah sekali. Kalau disuruh menulis kelebihannya takut dicap sombong, sok punya kelebihan banyak," ujar Yasinta saat ditemui VIVA, beberapa waktu lalu.

Ada budaya ketimuran di Indonesia yang menghambat seseorang untuk bisa mengakui kelebihannya. Padahal, di era saat ini, kompetensi tidak hanya diukur dari pengetahuan. Namun, mulai harus ditularkan budaya positif untuk menyuarakan potensi diri.

Untuk para orangtua, hal ini juga harus diajarkan pada anak-anak sejak dini mengenali potensinya. Mulailah dengan memperbaiki komunikasi antara orangtua dan anak.

"Sehingga anak bisa mengatakan apa yang menjadi keinginannya. Misalnya, dia suka main piano, maka didaftarkan les piano, atau sebaliknya anak tidak suka piano tapi dileskan piano. Ini bukan keinginan anak tapi orangtuanya," kata Yasinta.

Menurutnya, biarkan anak memilih sendiri apa yang ingin dikuasainya, bukan dari pilihan orangtua. Ini bisa menjadi cara positif bagi anak untuk menggali potensi apa yang kuat di dalam dirinya.