Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 7 November 2017 | 15:37 WIB
  • Begini Breastfeeding Father yang Dilakukan Suami Olla Ramlan

  • Oleh
    • Zahrotustianah,
    • Rintan Puspitasari
Begini Breastfeeding Father yang Dilakukan Suami Olla Ramlan
Photo :
  • instagram.com/aufar.hutapea
Aufar Hutapea melakukan breastfeeding father

VIVA – Pada kelahiran putri keduanya, baik Olla Ramlan maupun Aufar Hutapea memang lebih siap secara mental. Keduanya terlihat lebih tenang dibanding saat Olla melahirkan putri pertamanya dengan Aufar pada 2015.

Aufar bahkan melakukan metode breastfeeding father untuk membantu menghangatkan bayi dan memulai ikatan pertama antara ayah dan anak.

Menurut dokter I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi, SpA, MARS, yang menangani putri kedua Olla dan Aufar, Adreena Naira Hana Hutapea, proses breastfeeding father ini cukup penting bagi ibu menyusui.

"Biasanya kan kalau kita lihat di persalinan itu, sering kali ayah tersisihkan. Padahal ayah itu punya peran penting banget dalam proses menyusui. Apalagi dalam proses caesar, itu enggak mudah, ibunya masih sakit kami suruh nyusu," kata dokter Tiwi menjelaskan saat jumpa pers di RS Bunda Menteng, Jakarta Pusat, 7 November 2017.

Untuk mereka yang melahirkan secara caesar, dokter Tiwi menjelaskan, proses Inisiasi Menyusui Dini (IMD) yang biasanya dilakukan di ruang operasi sebetulnya tidak mudah, karena ruang operasi dingin.

"Sehingga kami inisiatif untuk IMD pada ibunya, karena itu penting untuk menimbulkan rasa bahagia, bersyukur, kemudian, kami lanjutkan pada ayah. Itu yang kami sebut breastfeeding father. Skin to skin contact, persis seperti kami kerjakan, seperti dilakukan ke ibunya," tuturnya.

Breastfeeding father sebenarnya tentang peran ayah dalam pengasuhan bayi baru lahir. Karena secara fisik dan mental, seorang ibu pasti merasa lelah setelah melahirkan. Bantuan dari suami atau ayah bayi tersebut penting, tujuannya adalah agar Air Susu Ibu (ASI) yang dikeluarkan oleh ibu bisa lancar.