Mendongeng untuk Meningkatkan Pola Hidup Sehat Anak

Festival Dongeng Anak Aceh
Sumber :
  • daurina/VIVA

VIVA – Mendongeng bisa menjadi media untuk mendidik anak mengenai pola hidup sehat, sekaligus membantu kecerdasan kognitif anak. Fauziah Syafarina Nasution, perwakilan dari Bintang Nutricia, mengatakan mendongeng bisa menjadi jembatan psikologis antara orang tua dan anak. Mendongeng juga sebagai media yang sangat tepat untuk memberikan pemahaman tentang nutrisi dalam proses tumbuh kembang anak.

Punya Banyak Manfaat, Kak Seto Ajak Orangtua Mendongeng untuk Anak

“Mendongeng adalah salah satu media yang tepat untuk menyampaikan nilai-nilai dari rumah mengenai pentingnya nutrisi, nilai-nilai budi pekerti, moral, dan pembentukan karakter anak dalam proses tumbuh kembangnya,” katanya usai Festival Dongeng Aneuk Aceh di Banda Aceh, Sabtu 11 November 2017.

Diutarakannya, Bintang Nutricia melakukan melakukan penelitian dan melihat banyak anak-anak usia dini di PAUD membawa bekal makanan yang tidak sehat dan jajan sembarangan, yang menyebabkan obesitas. Mereka tidak tahu bahwa makanan-makanan itu bisa menyebabkan obesitas.

Moms, Yuk Ajari Anak Mencintai Bumi dengan Storytelling

“Banyak anak tidak mengetahui makanan-makanan sehat, tapi dengan mendongeng orang tua bisa memperkenalkan jenis sayur-sayur dan buah-buahan,” ucapnya.

Fauziah mengatakan melalui cerita ‘Penyihir Muka Asam dan Dita’, yang ditampilkan dalam program Bintang Nutricia, memperkenalkan anak dengan buah dan sayur, serta mengajarkan anak tentang gaya hidup sehat.

Trik Mendongeng yang Bisa Dipraktekan untuk Anak

“Sehingga akan semakin banyak anak yang menyukai makanan sehat, terutama sayur dan buah-buahan,” lanjut Fauziah. (ren)

Ilustrasi ibu dan anak/parenting.

Moms, Cara Ini Bikin Anak Makin Kreatif dan Berani Tampil

Storytelling kini telah menjadi media pembelajaran yang efektif. Metode ini berkembang menjadi salah satu kompetensi yang perlu dikuasai anak di era digital.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2022