Teman Perempuan Bisa Picu Prestasi Anak Laki-laki

Ilustrasi anak belajar.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sebuah studi menemukan bahwa kelas yang memiliki lebih banyak murid perempuan bisa membantu meningkatkan prestasi akademik anak laki-laki.

Aurel Hermansyah Gak Kapok Hamil, Ingin Punya Anak Laki-laki

Studi ini juga mengungkapkan bahwa nilai anak laki-laki dalam bidang membaca secara signifikan akan lebih baik di sekolah di mana mayoritas muridnya adalah perempuan.

Dilansir laman Daily Mail, hal ini kemungkinan diakibatkan murid perempuan memiliki tingkat konsentrasi dan motivasi yang lebih tinggi untuk melakukan yang terbaik, dan prilaku ini mempengaruhi murid laki-laki.

Hubungan Nikita Mirzani dan Lolly Semakin Memanas, Nikita: Gue Udah Nggak Peduli Lagi

Sejumlah peneliti di Radboud University dan Utrecht University di Belanda menemukan bahwa sekolah yang memiliki lebih dari 60 persen murid perempuan, sejumlah besar murid dengan orangtua berpendidikan tinggi dan sejumlah besar guru yang berpendidikan perguruan tinggi, memiliki banyak murid yang mendapat nilai tinggi dalam ujian membaca.

“Murid laki-laki khususnya tampak mendapat pengaruh positif dari banyaknya murid perempuan di sekolah," tulis penelitian itu.

Hard Gumay Lihat Keinginan Raffi Ahmad dan Nagita Soal Anak Perempuan Bakal Terwujud

Pemimpin penelitian Dr Margriet van Hek dari Utrecht University mengatakan bahwa murid perempuan lebih mudah berkonsentrasi di kelas, tapi mereka juga lebih termotivasi untuk membaca. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa anak perempuan lebih suka membaca, dan pembaca yang baik, serta lebih sering membaca di waktu luang mereka.

"Selain itu, membaca dianggap aktivitas yang feminin, hal ini membuat anak perempuan lebih termotivasi dan menjadi pembaca yang rutin," katanya.

Singkatnya, murid perempuan menciptakan lingkungan yang lebih menstimulasi untuk belajar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya