Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 23 November 2017 | 15:31 WIB
  • Akhir Perjuangan Bayi Adam Lawan Trisomy 13

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Adinda Permatasari
Akhir Perjuangan Bayi Adam Lawan Trisomy 13
Photo :
  • Instagram @ratihmegasari
Bayi Adam Fabumi meninggal dunia.

VIVA – Bayi Adam Fabumi telah menggugah hati banyak orang dengan cerita perjuangannya melawan sakit yang luar biasa melalui media sosial. Bayangkan saja, bagaimana tubuh mungil bayi yang belum genap 1 tahun ini harus menahan deraan penyakit yang tak habis-habis.

Adam Fabumi lahir pada 24 April 2017. Saat usia kandungan masih 5 bulan, bayi Adam sudah didiagnosis mengalami sindrom Dandy-Walker. Sindrom ini adalah kelainan yang memengaruhi perkembangan otak bayi karena tidak terbentuknya saluran pembuangan cairan otak dalam kepala.

Akibat sindrom Dandy-Walker, Adam mengalami kebocoran jantung sebesar 3,5 milimeter. Darah dalam jantungnya bercampur akibat kerusakan ruas jantung. Selain itu, Adam juga mengalami kelainan dinding jantung karena terdapat lubang pada area pemisah jantung.

Tidak berhenti sampai di situ, Adam juga didiagnosis mengidap Trisomy 13, yang membuatnya mengalami kelainan fisik. Bahkan setelah lahir, Adam masih didiagnosis mengalami berbagai kelainan pada organ vitalnya, seperti kelainan jantung bawaan, pembesaran saluran ginjal, laringomalasia, cleft palate (sumbing dalam), dan polydactyly.

Yang juga tak kalah menyentuh adalah perjuangan kedua orangtua Adam, Ratih dan Ludi. Pasangan muda ini tak pernah berhenti berjuang dan kehilangan keyakinan untuk kesembuhan buat hati mereka.

Namun, Tuhan berkehendak lain. Adam Fabumi harus mengakhiri perjuangannya dan mengembuskan napas terakhir pada 22 November 2017. Duka pun tak hanya menyelimuti keluarga Adam, tapi juga orang-orang yang mengikuti kisah Adam sejak awal.

Melalui akun Instagram, ibunda Adam, Ratih, mengungkapkan doa setelah kepergian buah hati tercintanya.

"Inshaallah sekarang Adam sudah sembuh total dan ga ngerasain sakit lagi. Dan mungkin sedang main-main dengan teman-temannya yang sudah terlebih dahulu di surganya Allah, inshaallah," tulis Ratih.

Kepergian Adam juga menarik perhatian banyak selebriti. Sebagian besar mereka mengetahui kisah Adam lewat media sosial.

Vokalis band Kotak, Tantri, bahkan hingga rela meluangkan waktu mengunjungi rumah duka menggunakan ojek online.

"Aku ga kenal siapapun, aku hanya mengenal keluarga ini dari social media, dan memang kemarin setelah adam keluar rumah sakit pengen banget jenguk, tapi Allah berkehendak lain, Adam lebih disayang Allah agar bisa makan enak dan berlari bebas tanpa selang," tulis Tantri di akun Instagramnya.

Selain Tantri, sejumlah selebriti lain juga membanjiri kolom komentar laman Instagram Adam Fabumi dengan ucapan duka dan doa. Salah satunya adalah penyanyi Andien Aisyah.

"Semoga kamu bahagia di sana dan nggak ngerasain sakit lagi ya. Kamu penghuni surga dan akan ngajak mama papa ke tempat yang sama kamu. Allah sayang sama kamu, anak baik. Kecup dari kami sekeluarga," tulis Andien.