Penyakit Jantung Bawaan, Penyebab Utama Kematian Bayi

ilustrasi bayi.
Sumber :
  • Pixabay/woodypino

VIVA – Kasus gangguan atau kelainan jantung pada janin bisa terdeteksi saat masih di dalam kandungan. Ternyata, usia tertentu saat kehamilan menjadi usia krusial untuk memeriksakan kesehatan janin di kandungan.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Survei di tahun 2015, dari 4 juta bayi lahir yang hidup, 10 persennya mengalami penyakit jantung bawaan (PJB) yang artinya ada sekitar 4.000 bayi. Lebih detail lagi, seharinya ada 107 kasus PJB dan tiap 1 jam lahir 4-5 bayi dengan PJB.

"Hanya separuh dari bayi PJB yang lahir, yang bisa terdeteksi. Sisanya, tidak tertangani karena terlambat dideteksi. Maka, PJB ini menjadi penyebab kematian terbanyak pada bayi," ujar spesialis jantung anak, Prof. dr. Ganesja M. Harimurti, SpJP(K) Siloam Heart Institute kepada VIVA saat ditemui di Siloam Kebon Jeruk, Jakarta baru-baru ini.

Mantan Istri Ungkap Kondisi Kesehatan Donny Kesuma Sebelum Meninggal Dunia

Ganesja juga menuturkan, bayi yang lahir dengan PJB, 9 persennya alami kematian di bulan pertama kelahiran. Sisanya membutuhkan sokongan hidup dari alat dan obat medis.

"50 persen sisanya, bayi dengan PJB butuh intervensi. Ini yang membuat orang tua harus alami trauma karena biaya yang dipakai tidak sedikit dan membutuhkan mental yang kuat," jelasnya.

Keluarga Kenang Sosok Donny Kesuma, Ingin Semua Anaknya Sukses

Untuk itu, ia menuturkan pentingnya menjalani antenatal care selama masa kehamilan. Dijelaskannya, USG mampu melihat sejauh apa kesempurnaan organ jantung terbentuk.

"USG umumnya bisa dipakai di usia kehamilan 5 bulan untuk mendeteksi jantung janin. Di usia itu, kita bisa melihat jantung terbentuk sempurna atau belum, karena normalnya, usia 3 bulan kehamilan maka jantung sudah terbentuk sempurna." (ase)

Ilustrasi Scaling Gigi

5 Dampak Buruk Jarang Scaling Gigi: Bisa Picu Penyakit Jantung hingga Diabetes

Scaling gigi adalah prosedur membersihkan plak dan karang gigi. Plak adalah lapisan warna putih di permukaan gigi ketika bakteri dalam mulut bereaksi dengan sisa makanan.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024