Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 27 November 2017 | 16:24 WIB
  • Manfaat Menakjubkan Sentuhan Ibu untuk Buah Hati

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Diza Liane Sahputri
Manfaat Menakjubkan Sentuhan Ibu untuk Buah Hati
Photo :
  • Pixabay
Ibu dan anak.

VIVA – Ibu menunjukkan kasih sayang kepada buah hatinya dengan beragam cara. Salah satu bentuk rasa sayangnya, melalui sentuhan penuh kasih yang ternyata memberikan manfaat sangat besar kepada anak.

Sentuhan sayang ibu, mencakup adanya kontak langsung secara fisik dengan sang anak. Sentuhan tersebut bisa berupa belaian kasih sayang untuk buah hatinya yang diberikan sejak pagi hingga malam hari.

"Sejak anak bangun tidur, pasti ada sentuhan atau skin to skin contact dengan ibu. Sehari-hari dianggap sepele, padahal manfaatnya luar biasa. Ada dua efek baik sentuhan pada anak, yaitu adanya koneksi dan relaksasi," ujar psikolog anak dan remaja, Vera Itabiliana dalam acara “Nivea Mengapresiasi Sentuhan Sayang Ibu” di Senayan City, Jakarta, Senin 27 November 2017.

Saat diberikan sentuhan, hormon oksitosin pada anak dan ibu akan diproduksi. Hormon tersebut memberi manfaat untuk memicu koneksi antar ibu dan anak, sehingga berdampak pada ikatan yang baik dan kuat.

"Sentuhan memicu hormon oksitosin ibu dan anak diproduksi, yang memicu simbiosis mutualisme, membuat keduanya bahagia. Hal ini membuat anak ada koneksi dengan yang menyentuhnya dan saat terjadi terus-menerus dan berulang mampu perkuat bonding (ikatan)," tutur Vera.

Dia menambahkan, efek relaksasi dari sentuhan yang ada pun ikut memicu prestasi yang baik pada anak. Sebab, saat anak merasa nyaman, fokus belajar akan meningkat dan akhirnya membuat prestasi belajar lebih baik.

"Kalau relaksasi, usai disentuh memicu produksi oksitosin lagi. Nah, karena merasa nyaman maka otaknya lebih siap belajar. Dengan rasa stres yang turun, fokus belajar anak lebih baik," ujarnya. (art)