Manfaat Menakjubkan Sentuhan Ibu untuk Buah Hati

Ibu dan anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ibu menunjukkan kasih sayang kepada buah hatinya dengan beragam cara. Salah satu bentuk rasa sayangnya, melalui sentuhan penuh kasih yang ternyata memberikan manfaat sangat besar kepada anak.

Satu Keluarga jadi Korban saat Mobil Tertabrak KA di Tebing Tinggi, Ibu dan Anak Tewas

Sentuhan sayang ibu, mencakup adanya kontak langsung secara fisik dengan sang anak. Sentuhan tersebut bisa berupa belaian kasih sayang untuk buah hatinya yang diberikan sejak pagi hingga malam hari.

"Sejak anak bangun tidur, pasti ada sentuhan atau skin to skin contact dengan ibu. Sehari-hari dianggap sepele, padahal manfaatnya luar biasa. Ada dua efek baik sentuhan pada anak, yaitu adanya koneksi dan relaksasi," ujar psikolog anak dan remaja, Vera Itabiliana dalam acara “Nivea Mengapresiasi Sentuhan Sayang Ibu” di Senayan City, Jakarta, Senin 27 November 2017.

Perkumpulan Pejuang Anak Indonesia Suarakan Keadilan Hak Asuh Anak yang Terpisah dari Ibunya

Saat diberikan sentuhan, hormon oksitosin pada anak dan ibu akan diproduksi. Hormon tersebut memberi manfaat untuk memicu koneksi antar ibu dan anak, sehingga berdampak pada ikatan yang baik dan kuat.

"Sentuhan memicu hormon oksitosin ibu dan anak diproduksi, yang memicu simbiosis mutualisme, membuat keduanya bahagia. Hal ini membuat anak ada koneksi dengan yang menyentuhnya dan saat terjadi terus-menerus dan berulang mampu perkuat bonding (ikatan)," tutur Vera.

Nikita Mirzani Hapus Nama Lolly dari Ahli Waris, Tegaskan Tak Mau Dilibatkan dengan Anaknya Lagi

Dia menambahkan, efek relaksasi dari sentuhan yang ada pun ikut memicu prestasi yang baik pada anak. Sebab, saat anak merasa nyaman, fokus belajar akan meningkat dan akhirnya membuat prestasi belajar lebih baik.

"Kalau relaksasi, usai disentuh memicu produksi oksitosin lagi. Nah, karena merasa nyaman maka otaknya lebih siap belajar. Dengan rasa stres yang turun, fokus belajar anak lebih baik," ujarnya. (art)

Nikita Mirzani Menangis Ketika Ditanya Seandainya Lolly Datang Minta Maaf

Nikita Mirzani Menangis Ditanya Jika Lolly Datang Minta Maaf, Begini Jawabannya

Pada akun Instagram @lambegosiip, Nikita Mirzani menjawab dengan linangan air mata ketika dirinya ditanya bagaimana jika Lolly datang kepadanya dan mengatakan minta maaf.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024