Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 5 Desember 2017 | 07:00 WIB
  • Seberapa Penting Mengajarkan Si Kecil Soal Uang?

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Diza Liane Sahputri
Seberapa Penting Mengajarkan Si Kecil Soal Uang?
Photo :
  • Pixabay/White77
Ilustrasi anak baca buku

VIVA – Pendidikan keuangan di dunia pendidikan anak usia dini atau PAUD, masih terbilang sangat jarang. Padahal, melalui pendidikan keuangan yang tepat, anak bisa bermain sambil memahami ragam pelajaran lainnya.

Bentuk uang yang berwarna-warni dan memiliki gambar yang menarik, bisa menjadi pembelajaran baru untuk anak. Hal itu memungkinkan anak mengeksplorasi perbendaharaan kata-katanya.

"Literasi keuangan sudah menjadi kebutuhan yang jika dipaparkan makin awal akan makin baik. Konteks bermain dikenalkan dengan baik melalui warna, bentuk, dan perabaan pada uang," ujar akademisi sekaligus tokoh PAUD, Prof. DR. Fasli Jalal, dalam acara Peluncuran Program Pojok Buku dan Dongeng BI, di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin 4 Desember 2017.

Selain itu, adanya angka-angka yang tercantum di lembaran uang, menjadi wadah untuk mengenal angka. Dari situ, anak bisa memahami cara berhitung dan tukar menukar uang.

"Adanya angka di uang, bisa memacu anak untuk pintar berhitung, untuk matematika contohnya, bisa saja anak belajar melalui angka di uang. Secara perlahan, berikan anak konsep menabung agar mengerti caranya berhemat menggunakan uang," katanya.

Dituturkan akademisi itu, setelah anak memahami hal dasar mengenai uang, nantinya ajarkan konsep bagaimana uang bisa menjadi lebih bermanfaat. Sebab, seluruh aspek kehidupan, cenderung berkaitan dengan keuangan.

"Ini pentingnya mengenal uang, agar anak bisa menata sistem keuangan untuk dirinya, keluarga dan masyarakat. Nantinya, anak bisa mengerti bagaimana menabung dan disiplin menjaga keuangannya itu,” ucapnya. (asp)