Pohon Terbesar Dunia, Ada Mini Bar di Dalamnya

sundland tree
Sumber :
  • amusingplanet.com

VIVAlife - Jelajah wisata alam, Afrika memang juaranya. Begitu banyak lahan terbuka yang merupakan padang savana ataupun hutan dengan rerimbunan pepohonan. Keteduhan ini yang menjadikannya sebagai rumah bagi banyak jenis spesies.

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Bahkan di tengah kota, di bagian Afrika Selatan pun masih menyisakan pohon-pohon subur. Salah satunya dinobatkan sebagai pohon terbesar di dunia. Banyak wisatawan yang penasaran ingin menyaksikan "kebesaran" pohon berjenis baobab ini. 

sundland tree

Tips Sukses dari Konten Kreator Abibayu, Always On dan Inovasi Kreatif

Baobab sendiri merupakan salah satu keluarga tree of life, pohon yang dapat hidup hingga minimal 800 tahun. Usia pohon terbesar ini malah sudah melewati batas minimal, yakni 1.500 tahun. Terletak di pekarangan sebuah rumah, pohon ini tumbuh dengan tinggi 47 meter dan diameter 19 meter. Saking besarnya, pohon ini bahkan dapat menadah air hingga 300 liter, saat musim hujan.

sundland tree

Buka Puasa Bersama Wartawan, Irjen Sandi Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional

Bukan hanya ukurannya saja yang menjadi daya tarik, di dalam pohon ini juga terdapat "mini bar" yang bisa menampung sekitar 15 orang. Ruangan ini diciptakan pada tahun 1933. Dahulu para pemburu sering menggunakan rongga pada pohon baobab ini sebagai tempat persinggahan. Mereka membuat tempat untuk menyimpan bekal, tempat untuk istirahat, perapian, dan juga meja yang menyerupai meja bar. 

sundland tree

Meski umurnya masih kalah dengan pohon Red Sherman yang mencapai usia 2.200 tahun, dan Bristlecone pine di California yang hidup 4.000 tahun, pohon tua ini juga menjadi kandidat 'The New 7 Wonder Natural Baobab Avenue'. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya