FOTO: Jelajah Kawah Terpopuler Indonesia

Kawah Ijen
Sumber :

VIVAlife – Perburuan wisata alam sepertinya menjadi kian marak bagi para pelancong. Pesonanya mulai menggeser keriuhan kota, yang dulu sempat menjadi tren wisata. Tidak lagi mencari tempat belanja, masyarakat lebih mencari hawa segar untuk membunuh kepenatan. 

Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Jika biasanya Anda menjatuhkan pilihan pada pantai, laut, atau pulau-pulau di sekitarnya, coba mulai melirik ke daerah pegunungan untuk menikmati kesegaran murni dari jutaan pepohonan. Anda juga bisa mampir ke kawah-kawah cantik yang melengkapi sisi keindahan pegunungan. Berikut beberapa kawah yang pasti memukau Anda. 

Kawah Papandayan, Garut

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Jaraknya hanya sekitar 24 km dari kota Garut. Ini merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di Garut. Kawah ini sebenarnya terbentuk dengan tidak sengaja dari letusan Gunung Papandayan pada tahun 1772, ini justru menjadi pemandangan yang paling menarik.

Tidak hanya satu kawah, Anda dapat puas menikmati 14 kawah dalam satu lokasi. Uniknya, setiap kawah mengeluarkan kepulan asap dengan warna yang berbeda-beda. Salah satu kawah terbesarnya, yakni Kawah Mas, memilki lebar 150 meter.

Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun

Setiap gemuruh yang keluar dari letupan belerang di kawah memberikan irama ketenangan, sama halnya dengan udara di sekitar kawah yang sejuk dengan sedikit terik matahari yang memayungi. Sinar matahari ini yang memantulkan warna berkilau pada setiap kawah. Silakan terlena dengan kemewahannya. 

Kawah Putih, Ciwidey

Kawah ini merupakan salah satu tujuan wisata yang paling menggiurkan di kawasan Bandung. Memasuki kawasannya di ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut, Anda akan disambut dengan hawa dingin yang membalut tubuh. Antara 8 hingga 22° celcius. Kabut tebal yang selalu menyelimuti kawah, membuat tempat ini kondang dengan sebutan kawah putih.

Sebenarnya tidak hanya kawahnya yang akan membuat Anda takjub, sepanjang perjalanan menuju kawah, Anda juga akan dimanjakan dengan udara super segar dari jajaran pepohonan rindang.

Kawah Ijen, Banyuwangi

Ini merupakan salah satu kawah terbesar dan terasam di dunia. Terletak di kawasan Gunung Ijen, kawah ini menyajikan danau berwarna hijau tosca. Pesona ini yang banyak dicari para pendaki gunung sejati. 

Keindahan kawah tidak hanya sampai di sini. Kawah Ijen juga dikelilingi Gunung Raung, Gunung Merapi, Gunung Papah, dan Gunung Widodaren. Anda juga bisa menikmati perkebuan kopi dan sayuran di daerah pemukiman di dekat kawah, atau menghangatkan tubuh di pemandian air panas Blawan dan air terjun Damar Wulan. 

Kawah Kelimutu, NTT

Menyisir ke Indonesia bagian timur, Anda akan menemukan Kawah Kelimutu di Nusa Tenggara Timur. Berbeda dengan kawah yang lain, Kelimutu memiliki iming-iming eksotika tersendiri. Kawah dengan tiga warna berbeda. Biru, hijau, dan hitam. Kawah Kelimutu ini berhasil menjadi magnet NTT untuk menarik para wisatawan. 

Kawah Sibayak, Sumatera Utara

Terletak di kawasan Gunung Sibayak, Tanah Karo, kawah ini menjadi tempat wisata paling terkenal di Sumatera Utara. Untuk sampai di sana, Anda harus sedikit menyediakan ekstra tenaga, karena kawah ini berada di ketinggian 2.094 meter dari permukaan laut.

Tempat yang lumayan tinggi untuk didaki. Dari sini, Anda bisa menikmati keindahan kota Medan dengan selengkapnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya