5 Destinasi Wisata Indonesia Paling Diminati

Tari Kecak Bali.
Sumber :
  • gonla.com

VIVAlife - Jelang pergantian tahun, situs pencarian perjalanan terkemuka Skyscanner mencatat beberapa temuan penting dari dunia pariwisata sepanjang 2012. Salah satunya mengenai kota-kota wisata favorit bagi para wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia.

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Banyak pertumbuhan yang menarik dari beberapa tujuan internasional yang tidak populer sebelumnya. Banyaknya penerbangan murah di Asia dan harga tiket pesawat yang sangat kompetitif memungkinkan wisatawan untuk memiliki lebih banyak pilihan tujuan.

Ira Noviani, Manajer Skyscanner Pengembangan Pasar untuk Indonesia, mengatakan, lima kota terlaris ini adalah Jakarta, Bali (beberapa kota), Surabaya, Yogyakarta, dan Medan. Apa yang membuat kelima kota ini menjadi pilihan?

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Jakarta

Sebagai pusat perekonomian di Indonesia, Jakarta secara otomatis dikunjungi para pebisnis dari berbagai penjuru dunia. Pada awalnya, mereka memang murni melakukan perjalanan bisnis, namun daya pikat kota ini berhasil membius.

Respons Polisi soal Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Beruntun di GT Halim

Mereka tinggal lebih lama untuk ikut merasakan jejak jajahan kolonial. Kawasan kota tua, berbagai museum prasasti, dan juga museum tekstil dengan fasilitas pelajaran membatik adalah tempat-tempat yang sering dikunjungi. 

Bali (beberapa kota)

Berbicara soal Bali mungkin tidak akan pernah habis. Keindahan alamnya memang juara. Bali yang dikelilingi keindahan laut "24 jam" menjanjikan kenyamanan bagi para turis. Demikian juga dengan kawasan pegunungannya yang juga menjadi perburuan.

Surabaya

Lain halnya dengan Surabaya yang menyedot wisatawan dengan tata kotanya terbilang rapi dan sangat bersih. Sebagai Kota Pahlawan, tentu saja Surabaya juga menyajikan segudang cerita sejarah dan bangunan-bangunan monumental. Hawa terik kota ini juga langsung terobati dengan kenikmatan kuliner khas seperti rujak cingur, lontong balap, tahu campur, rawon, tahu tek, dan bebek.

Yogyakarta

Untuk merasakan kekentalan budaya Jawa, Yogyakarta masih menduduki tempat favorit. Atmosfer ini yang mengundang para wisatawan. Keteduhannya menciptakan rasa bersahabat. Kawasan keraton dan Jalan Malioboro menjadi ikon kota. Saat ini, pemerintah Yogyakarta juga sedang mengembangkan kawasan wisata di daerah Gunung Kidul, Bantul, dan Kulon Progo yang ternyata juga memiliki eksotika yang belum terekspos. 

Medan

Danau Toba menjadi alasan utama yang membuat wisatawan jatuh cinta. Ukurannya cukup spektakuler, panjang 100 kilometer dengan lebar 30 kilometer. Ini yang kemudian membawa danau vulkanik ini menjadi danau terluas di Asia Tenggara. Tidak hanya keindahan danau, sebuah pulau di tengah danau, yakni Samosir, juga menyimpan sisi etnis yang patut dinikmati. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya