FOTO: Berkelana ke 1001 Wisata Seru di Medan (II)

Istana Maimun Medan
Sumber :
  • indonesia-tourism.com

VIVAlife - Medan, sepertinya Anda wajib mengagendakan ibu kota provinsi Sumatera Utara ini sebagai kunjungan wisata. Kota terbesar ketiga Indonesia ini ternyata menyimpan segudang obyek wisata menarik. Mulai dari , budaya tradisional yang kental, hingga tempat-tempat kuliner baru yang menjadi pusat berkumpulnya kaum muda. Mari kita telaah satu per satu obyek wajib kunjung ini.

DJKI - Tokopedia Bantu Kembangkan Usaha Produk Indikasi Geografis

Danau Toba

Anda mungkin akan sulit menjumpai keindahan ini di tempat lain. Danau vulkanik sepanjang 100 km dan lebar 30 km yang merupakan danau terbesar di Asia Tenggara ini memiliki panorama yang menyejukkan. Belum lagi keunikan tradisi masyarakat setempat yang menambah daftar kekaguman pada wisata ini. 

MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Rosan: Mari Bersatu Wujudkan Indonesia Emas

Danau Toba Medan

Dibutuhkan sekitar 4-5 jam perjalanan dari Medan menuju Danau Toba. Namun jarak tempuh ini dijamin tidak akan menjemukan karena di sepanjang jalan mata Anda akan dimanjakan dengan jajaran pohon pinus yang tertata rapi. Terdapat dua rute utama untuk mencapai Danau Toba, yang pertama melalui Kota Brastagi, dan yang kedua melalui Medan-Tebing Tinggi-Pematang Siantar –Parapat. 

10 Kampus Bisnis Terbaik Dunia Tahun 2024

Disekitar Danau Toba terdapat banyak sekali toko-toko yang menjajahkan hasil bumi tanah Batak dan juga suvenir khas. Ulos dan segala macam kerajinan dari Tapanuli. 

Nah jika Anda memiliki cadangan fisik yang prima, Anda juga wajib mencoba menjelajah rute eksotik disekitar Danau Toba dan Pulau Samosir. Mulai dari Medan-Prapat–Tomok–Tuktuk–Ambarita–Pantai Pasir Putih Pangururan–Tele-Sidikalang–Kabanjahe–Berastagi dan kembali lagi ke Medan.

Maha Vihara Maitreya

Etnis Tionghoa yang banyak tersebar di Medan juga menyisakan tradisi yang menarik hati para pelancong. Salah satunya vihara megah bernama Maha Vihara Maitreya yang kabarnya merupaan vihara terbesar di Asia Tenggara.  

Kuil Cemara Medan

Memasuki areal vihara, Anda akan disambut dengan empat patung singa putih yang berjejer di samping anak tangga menuju pintu utama. Tampak sebuah plataran yang digunakan untuk sembahyang sebelum masuk ke dalam pintu utama.

Pada bagunan utama terdapat altar besar yang dilengkapi dengan patung raksasa Sang Budha, Patung Dewi Kwan In dan patung Hakim Bao. Sementara di sisi kiri vihara Anda bisa menemukan sebuah kolam besar dengan tanaman air yang asri, ikan warna-warni, dan patung-patung suci. Yang jelas, bnaya sekali spot menarik yang wajib diabadikan di tempat ini. 

Merdeka Walk

Jika Anda sudah puas menikmati sejumlah wisata sejarah Medan, silahkan bertandang ke Merdeka Walk. Satu kawasan yang merupakan tempat berkumpulnya kaum muda ota Medan. Di tempat ini Anda bisa mencicipi segala jenis kuliner khas Medan.

Letaknya sangat strategis, tepat di tengah Lapangan Merdeka Medan yang merupakan jantung kota Medan, atau tepatnya di seberang stasiun kota. Salah satu sajian yang menjadi favorit para pengunjung adalah berbagai macam dimsum ala Medan dan teman-temannya. 

merdeka walk

Oleh-oleh khas Medan

Tak hanya terkenal dengan tempat wisata yang indah dan menawan, ternyata Medan juga merupakan surga bagi pecinta kuliner. Berikut sajian khas Medan paling dicari:

- Bika ambon Zulaikha, Jalan Mojopahit no. 63, Medan.

- Bolu Gulung Meranti, Jalan Kruing No.2K, Medan.

- Pancake Durian, Durian House-Jalan Skip no.67H, Medan. 

Jika ingin merencanakan liburan berikutnya ke Medan, siapkan tiket penerbangan dan penginapan mulai dari sekarang. 

(ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya