Menyingkap Isi Pulau Terkecil di Dunia

Bishop Rock, Britania Raya.
Sumber :
  • Flickr/Julian Pearce
VIVAlife - Bishop Rock. Pulau terkecil di dunia versi Guinness Book of Records ini terletak Kepulauan Scilly di Cornwall, Britania Raya. Pulau berbentuk batu ini berada di tengah laut dengan hanya seukuran 16 meter. Batu tersebut tertanam di kedalaman 45 meter dari dasar laut, dan hanya terlihat satu meter saja yang menonjol di permukaan.
Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Di pulau ini berdiri gagah mercusuar setinggi 49 meter sebagai penerangan yang membantu navigasi kapal-kapal yang melintas malam hari. Konon perairan ini cukup berbahaya karena ditumbuhi banyak batu besar yang kerap menenggelamkan kapal. Salah satunnya armada Inggris yang karam pada tahun 1707 dan menewaskan sekitar 2.000 orang.
Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Mercusuar ini dibangun oleh perusahaan Trinity House dengan alasan mercusuar tua yang sudah ada sebelumnya di St. Agnes, tidak cukup memadahi. Awalnya ahli mesin dari Trinity House James Walker meragukan pembangunan mercusuar granit ini. Alasannya: alas batu kecil tersebut tidak akan kuat menahan menara, apalagi saat angin dan gelombang besar. 
Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Tahun 1847 diputuskan untuk mendirikan kaki mercusuar dari besi cor. Sayang saat proses pembangunan itu, badai datang. Pembangunan baru selesai tahun 1858. Selama pembangunan itu para pekerja ditempatkan di pulau kecil lainnya, yang berdekatan dengan Bishop Rock.  (umi)


Ingin menikmati akhir pekan bersama keluarga atau pasangan di tempat eksklusif? Atau cari info hotel berbintang dan tiket pesawat harga terjangkau? Klik VIVAtravel 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya