Wayang dan Topeng Bali Dipajang di Museum Inggris

The World Through Wooden Eyes
Sumber :
  • facebook.com/TheWorldThroughWoodenEyesPage

VIVAlife -  Dongeng Pinokio, membuat gaung boneka kayu meluas di seluruh dunia. Pahatan pisau-pisau pada kayu begitu rapi, membentuk bermacam karakter boneka. Tidak hanya dipoles dengan riasan wajah, tubuhnya pun dibalut dengan pakaian.

Boneka-boneka kayu berkumpul di sebuah museum. Inilah The World Through Wooden Eyes, tempat tersembunyi di sebuah perpustakaan umum, yaitu The Mitchell Library. Terletak di Glasgow, Inggris, berbagai jenis boneka kayu dari zaman modern dapat ditemukan di sini.

John M. Blundall adalah orang di balik museum ini. Ia adalah seniman, yang fokus mengukuhkan tradisi budaya pada skala global. Boneka-boneka Eropa, India dan Jepang kuno diamankan di dalam museumnya.

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

Setiap sudut dipadati boneka, wayang, topeng, mainan, serta 6.000 buku tentang teater boneka dan topeng. Blundall mengumpulkannya lebih dari 50 tahun. Di antara koleksinya terdapat wayang golek dan topeng rangda Bali yang berasal dari Indonesia.

Museum ini menghadirkan suasana teater, karena pengunjung akan dikelilingi boneka dengan mimik wajah yang bervariasi. Ada yang anggun, manis, tapi banyak juga yang menyeramkan. Bagi penderita phobia boneka, tempat ini akan sangat menakutkan.

Selain koleksi boneka, The World Through Wooden Eyes juga menyimpan berbagai alat-alat khusus untuk pembuatan boneka. Di antaranya koleksi kayu, masker dan elemen-elemen untuk memperindah karya.

Karena koleksinya yang begitu lengkap, museum ini sering didatangi praktisi profesional, yang berhubungan langsung dengan seni ekspresif. The World Through Wooden Eyes, menyediakan sumber daya untuk penelitian dan pengembangan teater boneka.

Berbagai sumber

Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali
VIVA Otomotif: SPKLU di rest area untuk mobil listrik

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Anggota BPJT Unsur Masyarakat, Tulus Abadi menambahkan pihaknya juga sudah menyediakan SPKLU bagi pemudik, yang berkendara menggunakan mobil listrik di sejumlah rest area

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024