Mengupas Sejarah Pembangunan Menara Pendek Kalta Minor

Kalta Minor
Sumber :
  • Amusing Planet
VIVA.co.id
Wow, Sepuluh Bangunan Menakjubkan Ini Ternyata Nyata
- Dari selatan Kuhna Ark berdiri bangunan tinggi unik berbentuk seperti gelas terbalik. Nama bangunan ini, Kalta Minor yang merupakan ikon kota Khiva di Uzbekistan.

Penampakan Bangunan-bangunan Unik di Asia

Kalta adalah menara kokoh terletak di depan madrasah façade Muhammad Amin-khan. Bangunan Kalta Minor merupakan sebuah menara yang seluruh permukaan dindingnya ditutupi dengan ubin mengilap.
Arsitektur Islami Ini Jadi Nominasi Bangunan Terbaik Dunia


Dilansir
Amusing Planet
ubin ini membentuk pola unik dan indah dengan ornamen beragam dan terdiri dalam beberapa warna. Namun, hanya warna biru hijau yang paling umum dari ornamen bangunan bersejarah di kota Khiva ini.


Menara ini mulai dibangun oleh Mohammad Amin Khan, seorang penguasa Khwarezm, pada tahun 1852. Menurut legenda, ia ingin membangun menara tinggi, agar bisa dilihat di seluruh jalan ke Bukhara.


Beberapa orang berspekulasi, seharusnya menara ini bisa sangat tinggi, karena menara memiliki tinggi antara 70-80 meter, sedangkan yang lain percaya menara itu, bahkan bisa lebih tinggi hingga 110 meter. Jika dibangun dengan tinggi tersebut, akan membuat Kalta Minor memiliki struktur tertinggi di Asia Tengah.


Sayangnya, tiga tahun setelah pembangunan, Mohammad Amin Khan tewas dalam perang, saat melawan Turkmens di Serakh, sehingga proyek ini terbengkalai.


Segera, setelah itu penduduk setempat mulai menyebutnya Kalta Minor, atau menara pendek.


Namun, adanya bangunan ini justru menarik perhatian banyak orang. Mereka yang datang, rata-rata ingin mengabadikan bentuk unik Kalta Minor. Pesona Kaltra Minor dianggap begitu mempesona. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya