Pariwisata RI Targetkan Wisatawan dari AS

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengikuti acara San Francisco Travel & Adventure Show 2016 di Amerika Serikat
Sumber :
  • dok. Kemenpar

VIVA.co.id - Demi menggaet wisatawan asal luar negeri, industri pariwisata Indonesia pun gencar melakukan promosi. Seperti kali ini Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengikuti acara San Francisco Travel & Adventure Show 2016 di Amerika Serikat.

Promosi Wonderful Indonesia di San Francisco Travel and Adventure Show 2016 ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pencapaian target kunjungan wisatawan asal Amerika, yaitu 300.000  di tahun 2016.

"Industri pariwisata Indonesia sangat gencar melakukan promosi. Pada 2019, sektor pariwisata diharapkan dapat menarik 20 juta pengunjung asing dengan pertumbuhan 12% per tahun," ucap Menteri Pariwisata, Arief Yahya, melalui keterangan tertulisnya kepada VIVA.co.id, Senin 7 Maret 2016.

Amerika, jika dari segi jarak dan waktu tempuh, memang belum target pasar. Walaupun demikian jumlah kunjungan wisatawan Amerika ke Indonesia pada 2015 cukup baik, yaitu 251.221 dengan pengeluaran rata-rata sejumlah 1.460,7 USD per kunjungan menjadikan Amerika termasuk pasar yang cukup menjanjikan walau peningkatannya lambat, namun tetap harus mendapat perhatian.

"Kami optimis bahwa sektor pariwisata akan terus mempertahankan tingkat pertumbuhan yang tinggi di masa mendatang sehingga menjadi penggerak ekonomi yang penting bagi Indonesia. Selama tiga tahun, kunjungan wisatawan terakhir telah meningkat secara signifikan. Sektor ini telah membuat kontribusi yang signifikan terhadap ekonomi, menciptakan lapangan kerja dan menghasilkan devisa," kata Arief Yahya.

San Francisco Travel & Adventure Show 2016, merupakan rangkaian dari Travel Show yang diselenggarakan di beberapa kota di Amerika Serikat seperti Washington DC, Los Angeles, Philadephia, Chicago, San Diego, dan Dallas, dengan prediksi menarik perhatian 130.000 orang pengunjung dan diikuti oleh 3.000 industri yang berasal dari lebih dari 100 negara di tahun ini.

Ini Alasan Bali Sibuk Gencarkan Desa Wisata

Keikutsertaan Kementerian Pariwisata dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di San Fransisco pada kegiatan ini, selain mempromosikan Indonesia, juga berusaha merebut hati calon wisatawan Amerika di ajang Travel and Adventure Show ini melalui peran serta Top Indonesia Holiday, Panorama Destination, Thrifty International Tour and Travel dan Sayang Holidays LLC yang menjual paket-paket Wisata dan Petualang di Indonesia. Acara tersebut dimeriahkan pula oleh penampilan Tim Wonderful Indonesia dengan Tari Dadas Panaluh (Kalimantan Tengah), Tari Yospan (Papua), Tari Timor Malole (NTT), Cenderawasih, dan Bajidor Kahod (Jawa Barat), serta Sajian Rendang pada culinary session oleh Chef  Siok Ming Tjong menambah selera Indonesia.

Peluncuran Paket Wisata Maumere

Maumere Siap Jadi Panggung Wisata Nasional dan Dunia

Ada serangkaian acara yang akan diadakan di Maumere.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016