Ajang Triathlon di Bintan Target Sumbang 1.000 Wisman

Jumpa pers Ironman 70.3 di Jakarta
Sumber :
  • Dokumen Kementerian Pariwisata

VIVA.co.id - Setelah mendulang kesuksesan pada tahun 2015, tidak lama lagi ajang olahraga Ironman 70.3 akan digelar di Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Terpilihnya Bintan sebagai lokasi ajang ini karena bertepatan dengan penyelenggaraan Meta Sport.

Hal ini diyakini akan memperkuat dan mengenalkan posisi Bintan sebagai destinasi sporty tourism kelas dunia. Acara yang akan berlangsung pada 28 Agustus 2016 diharapkan dapat mendongkrak pariwisata Batam atau Bintan.

Sejalan dengan itu, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyambut positif ajang triathlon yang menggabungkan tiga cabang olahraga atletik, yakni sepeda, renang dan lari, Ironman 70.3. Acara tersebut akan diikuti sekitar 1.000 peserta, termasuk asing.

Kegiatan ini secara tidak langsung akan berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia. Sebelumnya Kementerian Pariwisata menargetkan sekitar 12 juta wisman datang ke Indonesia atau sebanyak 2,5 juta wisman, di antaranya masuk melalui Great Batam/Bintan.

"Penyelenggaraan ajang triathlon Ironman 70.3 ini diharapkan dapat memberi direct impact terhadap peningkatan kunjungan wisman dan perolehan devisa. Minimal sekitar 1.000 wisman akan masuk dan membelanjakan uangnya di Bintan," ujar Menteri Pariwisata, Arief Yahya dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Jumat, 8 April 2016.

Tidak hanya itu, dia menjelaskan bahwa para wisman yang hadir dapat menikmati eskotisme keindahan alam Bintan, meliputi taman laut, hutan tropis dan pantai berpasir putih.

"Pertumbuhan wisman melalui Great Batam/Bintan, trennya terus meningkat. Terbukti pada Februari 2016 lalu naik mencapai 10,5% menyamai Great Bali."

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

(mus)

Suasana Shibuya Scramble Crossing, Tokyo, Jepang, di malam hari.

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan

Kedutaan Besar Jepang membuka tawaran beasiswa kepada siswa-siswi Indonesia lulusan SMA/SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas di Jepang.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024