Ratu Thailand Akan Sambangi Candi Borobudur

Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Anis Efizudin

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mulai menjajaki kerjasama di berbagai sektor dengan Pemerintah Thailand. Salah satunya pariwisata.

Chattra Penting Dipasang karena Dinilai Sebagai Salah Satu Ikon Candi Borobudur

Terkait kerjasama itu, pada bulan November 2016 mendatang, Ratu Thailand, Ratu Sirikit dijadwalkan mengunjungi Indonesia dan secara khusus akan menyambangi Candi Borobudur dan Candi Prambanan di Magelang, Jawa Tengah.

Kepastian itu didapat saat Duta Besar Thailand untuk Indonesia Paskorn Siriyaphan bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di kantor Bakorwil II Magelang, Rabu, 5 Oktober 2016.

BRIN Diminta Koordinasi dengan Kemendikbud soal Pemasangan Catra Borobudur

"Iya, Ratu Sirikit akan berkunjung ke Indonesia pada November 2016. Dan khusus di Jawa Tengah akan mengunjungi Candi Borobudur dan Candi Prambanan," kata Dubes Thailand tersebut.

Terkait kerjasama pariwisata dengan Jawa Tengah di Candi Borobudur, kata Paskorn, karena memang mayoritas warga Thailand bergama Budha sehingga kunjungan ke Borobdur terkait erat dengan ibadah keagamaan.

Pakar dan Akademisi Sarankan Chattra Segera Dipasang di Candi Borobudur

"Banyak warga kami yang tertarik berkunjung ke Candi Borobudur dan ingin datang ke sana," ujarnya.

Namun demikian, Paskorn mengaku kunjungan ke Borobudur itu masih tekendala akses transportasi di mana saat ini belum ada akses penerbangan dari Thailand ke Jawa Tengah.

"Selama ini kan baru ada rute penerbangan dari Bangkok ke Jakarta dan Bali, Indonesia. Tapi kami siap mengusahakan pembukaan jalur penerbangan dari Thailand ke Jawa Tengah," katanya.

Sementara itu, Gubernur Ganjar Pranowo menyambut baik inisiatif pemerintah Thailand yang menaruh ketertikan dengan wisata di Jawa Tengah. Pihaknya bahkan langsung menjajaki kerjasama di bidang lain, seperti pertanian dan investasi dengan negara berjuluk negeri Gajah Putih itu.

"Maka tadi kami langsung tawarkan berbagai potensi itu. Seperti kuliner Jateng yang katanya diminati Dubes Thailand," kata Ganjar.

Untuk kerjasama pembukaan akses penerbangan, pihaknya mulai mengusahakan agar bisa ditindaklanjuti. Akses penerbangan itu diharapkan bisa dibuka langsung dari Bangkok ke tujuan Bandara Adi Sumarmo, Solo, Jawa Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya