Lima Kota Paling Ramah untuk Bersepeda

Tradisi bersepeda di Belanda
Sumber :
  • amusingplanet.com

VIVA.co.id – Gaya hidup sehat menjadi tren bagi masyarakat perkotaan saat ini, terlebih di negara-negara maju. Mereka juga memikirkan bagaimana mengatasi polusi yang terus meningkat setiap tahunnya. Sebagian berpendapat berkendara menggunakan sepeda bisa mengurangi dampak polusi.

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Dilansir dari laman Travelerstoday, berikut ini daftar kota-kota yang ramah bagi pengguna sepeda.

Minneapolis

Nasrullah Bersepeda dari Purwokerjo Demi Hadiri Kampanye Akbar AMIN di JIS

Minneapolis, Amerika Serikat merupakan salah satu kota yang ramah bagi pengguna sepeda. Setiap tahunnya jumlah pengguna sepeda di kota ini terus bertambah. Begitu juga dengan pemerintah setempat yang terus menambah jalur khusus bagi pengendara sepeda.

Copenhagen, Denmark

AHY Ungkap Isi Pembicaraan saat Gowes dan Sarapan Gudeg Bareng Jokowi di Yogyakarta

Copenhagen termasuk kota pelopor sebagai kota ramah lingkungan, kota ini adalah yang paling pertama di dunia memberikan fasilitas jalan bagi pengguna sepeda. Hingga saat ini Copenhagen memiliki jalur sepeda sepanjang 390 kilometer. Kini, banyak kota-kota di dunia yang mencontoh mereka.

Amsterdam, Belanda

Amsterdam menjadi kota yang populer bagi pengendara sepeda, padahal sebelumnya kota ini memiliki sejarah buruk tentang kecelakaan mobil di jalan raya. Tapi sekarang kota ini telah berubah menjadi kota yang ramah bagi pengguna sepeda.

Paris

Pemerintah Paris bertujuan untuk mengembangkan jalur bersepeda  pada akhir 2020. Pemerintah mengalokasikan telah 164 juta dolar atau sekitar 2 triliun untuk membuktikan bahwa mereka serius dalam memfasilitasi pengguna sepeda.

Tokyo, Jepang

Tokyo masih jauh dari Amsterdam atau Copenhagen tapi kesadaran masyarakat untuk bersepeda di kota ini sangat  hidup. Saat ini pemerintah mereka mencari untuk meningkatkan jalur sepeda dan sekaligus persiapan mereka menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2020.

Tradisi bersepeda di Belanda

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya