Empat Pasar Tradisional Solo yang Wajib Dikunjungi

Taman kota Balekambang, Solo
Sumber :
  • Antara/ Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Selain dikenal sebagai kota wisata budaya, Solo juga merupakan salah satu kota para wisatawan untuk berbelanja. Di sini banyak dijual berbagai jenis pernak-pernik kerajinan unik.

Harga Bawang Putih di Gianyar Naik Capai Rp 55 Ribu per Kilogram

Kepala Dinas Perdagangan Surakarta, Subagyo, mengatakan bahwa Solo memiliki setidaknya empat pasar tradisional yang menjadi destinasi wisata belanja bagi para wisatawan.

“Dari 5 ribu pasar yang diminta oleh Presiden Jokowi, maka untuk Solo itu sendiri ada empat pasar yang siap mendunia,” kata Kepala Dinas Perdagangan Surakarta, Subagyo di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Jakarta Pusat, Senin, 16 Januari 2017.

Harga Daging Ayam dan Cabai di Pasar Tradisional Bandung Meroket

Dikatakan Subagyo, empat pasar tersebut tengah difokuskan pembangunannya agar wisatawan betah berbelanja di sana. Keempat pasar itu adalah Pasar Klewer Timur, Pasar Rokok Sari, Pasar Sangkrah dan Pasar Jepreh.

Untuk mempercantik empat pasar tersebut menghabiskan biaya yang berbeda pula.

Mendag Zulhas Klaim Harga Bahan Pokok Turun Jelang Lebaran

“Untuk Pasar Klewer Timur menghabiskan Rp48 miliar, Pasar Rokok Sari Rp19 miliar, Pasar Sangkrah Rp17 miliar dan Pasar Jepreh untuk tahap pertama Rp4 miliar,” ujarnya.

Subagyo menambahkan, agar diminati oleh wisatawan, tak hanya aspek kebersihan dan estetika pasar yang diperhatikan, namun pasar juga harus bisa menjadi tempat yang ramah dan nyaman bagi calon pembeli.

“Pasar di Solo harus ramah lingkungan dan efektif, di mana pedagang dan pembeli bisa bertemu dan ada zonasi basah, kering dan kuliner. Kemudahan ini bisa didapatkan dengan baik,” ucapnya menambahkan.

 

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya