Misi Hakuba Jadi Destinasi Wisata Ramah Muslim di Jepang

Rumah es Habuka di Jepang
Sumber :
  • Zaky Al-Yamani/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Hakuba Village di prefektur Nagano terus berbenah demi menjaga reputasinya sebagai salah satu tujuan wisata di Jepang. Salah satunya dengan memberikan kemudahan bagi para turis muslim.

Private Tour Anti Ribet, Pilihan Ideal Trip Ke Jepang

Salah satu yang terlihat adalah beberapa hotel di Hakuba menyediakan menu khusus makanan halal untuk mengakomodir kebutuhan konsumsi turis muslim saat berlibur di sana.

Ada tiga hotel yang menyediakan menu khusus ini. Yaitu Hakuba Happo Hot Springs Shiroumaso, Hakuba Hotel La Neighi Higashi Kan dan Hakuba Sun Valley Hotel.

Kenapa Tiket ke Jepang Lebih Mahal Belakangan Ini?

Untuk nama hotel terakhir bahkan juga menyediakan sajadah di kamar dan membuat ruang salat (musala) di hotel bagi para turis yang hendak melaksanakan sholat jamaah.

Meski demikian, mereka mengakui masih ada beberapa kekurangan. "Tempat ibadah muslim (masjid) belum ada di Hakuba," kata Sekretaris Eksekutif Asosiasi Turis Hakuba, Bunsei Sato.

Jerome Polin Bagikan Tips Traveling Anti-Mainstream ke Jepang Tanpa Khawatir Dompet Kering

Tak hanya turis muslim, warga Hakuba juga turut memperhatikan budaya dan tradisi masyarakat lain seperti menu bagi vegetarian hingga shojin meal (makanan untuk biksu Budha).

"Yang paling sulit memang menyediakan makanan 'khusus'.Tapi kami berusaha mencoba menyesuaikan dengan masing-masing budaya para wisatawan," jelasnya.

Wakil Kepala Desa Hakuba Humitoshi Oota juga mengatakan, warga Hakuba sangat beradaptasi dengan keberagaman para turis asing yang datang ke sini.

"Jadi karena memang bisnis utama di sini (Hakuba) adalah pariwisata. Ada warga yang mengelola akomodasi, transportasi, restoran hingga lapangan ski," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya