Wina Kembali Dinobatkan sebagai Kota Teramah di Dunia

Katedral St.Stephen's di Wina.
Sumber :
  • REUTERS/Leonhard Foeger

VIVA.co.id – Selama delapan tahun berturut-turut, Wina berhasil mempertahankan prestasi gemilangnya sebagai kota teramah di dunia. Ibu kota Austria yang letaknya dekat dengan Sungai Danube ini juga menjadi kota yang menawarkan kualitas hidup tertinggi.

Liburan ke Eropa, Cita Citata Terkejut Masuk Hotel

Sementara itu, Baghdad dianggap sebagai tempat terburuk untuk ditingggali dan berada di peringkat paling bawah.

Itu berdasarkan survei sebuah perusahaan konsultan Berna Mercer. Survei yang dilakukan pada 231 kota ini nantinya akan membantu perusahaan dan organisasi menentukan kompensasi dan kesulitan tunjangan untuk para pekerja di sana. Demikian dilansir dari laman Reuters.

Kota Tempat Syuting Game of Thrones Ternyata Surga Kucing

Dalam penilaiannya survei ini menggunakan puluhan kriteria seperti stabilitas politik, kesehatan, pendidikan, kejahatan, rekreasi dan transportasi.

Menariknya, beberapa kota pusat dunia seperti London, Paris, Tokyo dan New York bahkan tidak masuk dalam daftar 30 teratas. Mereka tertinggal dengan kota-kota besar di Jerman, Skandinavia, Kanada, Selandia Baru dan Australia.

Austria akan Larang Murid TK dan SD Berhijab

Sementara itu Singapura adalah kota Asia dengan peringkat tertinggi di daftar tersebut, yakni menempati peringkat 25, dan San Fransisco di Amerika Serikat berhasil mencapai peringkat 29. Untuk jajaran negara Afrika, kota Durban di Afrika Selatan mampu menempati peringkat 89.

Wina dengan1,8 juta penduduk banyak mendapatkan keuntungan dari budaya kafe dan museum, teater dan opera. Sewa dan biaya transportasi umum di kota yang terkenal dengan arsitektur masa kerajaan Habsburg, lebih murah dibandingkan dengan ibu kota negara Barat lainnya.

Menyusul Wina, kota-kota lain yang menempati peringkat atas dalam daftar kota teramah di dunia adalah Zurich (Swiss), Auckland (Selandia Baru), Munich (Jerman) dan Vancouver (Kanada) berturut turut di posisi dua hingga lima. (hd)

Istana Schoenbrunn

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya