Cara Atasi Kesulitan Tidur di Kamar Hotel

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA.co.id – Anda sudah memesan liburan yang sempurna, terbang dengan pesawat, dan check-in di kamar hotel yang luas untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Namun, hanya ada satu masalah, jam 02.00 Anda masih menatap langit di tempat tidur, apa yang menyebabkan hal tersebut?

Ashanty Tertarik Coba Ruqyah untuk Atasi Susah Tidur

Dengan rata-rata 40 persen orang Amerik,a mendapatkan lebih sedikit tidur dari yang dianjurkan, Anda akan berpikir memiliki kesempatan untuk mendapatkan tidur nyenyak di hotel yang mewah. Sayangnya, hal tersebut tidak terjadi. 

"Peneliti tidur dan dokter telah lama mengetahui tentang efek malam pertama," kata pakar tidur Dr Melisa Moore dari Rumah Sakit Anak Philadelphia. 

Teringiang-Ngiang Warga Palestina, Ashanty Jadi Susah Tidur, Takut Kena Bom

"Studi ini menganjurkan bahwa salah satu belahan otak kurang tidur pada malam pertama di lingkungan baru. Perbedaan belahan otak ini dapat menyebabkan Anda mengalami kesulitan tidur," kata Dr Moore.

Dr Moore juga mengembangkan hubungan antara tidur dan lingkungan, saat Anda bayi. Hal ini bisa berupa tidur menghadap pintu, dengan beberapa bantal lembut, dengan lampu malam, atau dengan suara mesin. Ketika hal-hal ini hilang di tempat baru, otak kita harus menyesuaikan. 

7 Cara Atasi Gangguan Susah Tidur, Nomor 1 Hampir Dilanggar Semua Orang

Bahkan, di rumah dengan semua aksesoris tidur favorit Anda, Anda akan bangun sampai empat dan enam kali. Di sebuah hotel, sangat sulit, dibutuhkan sedikit lebih lama untuk bisa tidur.

Untuk mengatasinya, "Cobalah untuk bangun di pagi hari di tujuan baru Anda daripada tidur, dan mendapatkan sinar matahari sebanyak mungkin ketika keluar dari kamar tidur," kata Dr Moore, seperti dilansir laman Foxnews. Ia juga menyarankan untuk makan teratur di zona waktu baru Anda.

Cara lainnya, kata Dr Moore, adalah menjaga Anda tetap bisa tidur di tempat baru adalah membawa bantal sendiri, menggunakan piyama yang sama ketika di rumah, atau menggunakan aplikasi suara yang dapat membuat Anda nyaman. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya