Lakukan Ini Ketika Berlibur Bersama Hewan Peliharaan

Ilustrasi anjing peliharaan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Saat ini berlibur tidak hanya dilakukan bersama keluarga, pasangan, bahkan solo atau sendirian. Pada beberapa tahun ini, bepergian dengan hewan peliharaan telah menjadi tren di seluruh Amerika.

30 Tahun Dipelihara Ilegal, Buaya Besar Diringkus Petugas untuk Hal Ini

Hal ini karena, banyak hotel, restoran, taman dan fasilitas lainnya ramah dengan hewan peliharaan. Tidak hanya melayani manusia, tapi kucing dan anjing juga dilayani.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar memiliki perjalanan yang mulus dan bebas repot, seperti dilansir laman Travelerstoday.

Rachel Vennya Panik Lihat Kucing Peliharaan Ditelantarkan hingga Sakit, Begini Klarifikasi Okin

Pastikan hewan terikat dengan baik

Perjalanan aman selalu menjadi yang terbaik. Membiarkan hewan peliharaan Anda berkeliling, tidak hanya akan menyebabkan gangguan pada pengemudi, tetapi juga akan merugikan ketika terjadi kecelakaan.

5 Tips Penting dalam Menemukan Petshop yang Tepat untuk Hewan Peliharaan Anda

Melakukan perjalanan singkat maupun jauh, pastikan Anda membawa kursi untuk hewan peliharaan, penghalang, dan sabuk pengaman untuk mencegah cedera.

Sering istirahat dalam perjalanan

Menurut Mother Nature Network, sangat disarankan oleh American Veterinary Medical Association untuk para pemilik yang ada di perjalanan dengan hewan, selalu berhenti untuk istirahat. Dengan istirahat, hewan peliharaan memiliki kesempatan untuk melakukan peregangan dan buang hajat.

Lihat kebijakan hotel dan restoran yang akan dikunjungi

Ingat bahwa tidak semua orang menyukai hewan peliharaan, jadi jangan terlalu percaya diri ketika memasuki tempat asing untuk pertama kali. Meskipun sedang tren, tidak semua hotel dan restoran dapat dimasuki oleh hewan peliharaan. 

Jadi untuk menghindari dikeluarkan dari tempat itu, sisihkan waktu untuk melakukan penelitian tentang hotel dan restoran yang ramah hewan peliharaan di tujuan Anda.

Membawa obat dan alat pertolongan pertama

Cedera dan penyakit selama perjalanan tak terelakkan. Hal ini berlaku tidak hanya untuk manusia, tetapi juga untuk hewan peliharaan. Anda bisa membawa kapas, termometer, perban, dan antibiotik untuk hewan peliharaan.

Berikan nama dan informasi pada leher hewan Anda

Memberikan nama pada leher hewan peliharaan dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Berikan data tentang kontak dan nama pemilik hewan, agar bila hewan peliharaan hilang dapat kembali ke pemiliknya.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya