Cara Kepulauan Seribu Capai Target 1 Juta Wisatawan

Sunset di Kepulauan Seribu
Sumber :
  • http://pulauseribujakarta.com

VIVA.co.id – Kepulauan Seribu termasuk salah satu destinasi prioritas bahari nasional. Pengunjung yang datang selalu bertambah setiap tahunnya, apalagi ketika libur panjang.

Rencana Food Estate di Kepulauan Seribu, Heru Budi Bilang Begini

Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo mengatakan bahwa pihaknya tahun ini menargetkan jumlah wisatawan sebanyak 1 juta. "Paling tidak kami targetkan bisa sampai lebih 1 juta pengunjung," kata Budi kepada VIVA.co.id.

Selain wisatawan lokal, wisatawan mancanegara juga tak kalah penting. Apalagi Kepulauan Seribu sangat dekat dengan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Heru Budi Berencana Bangun Food Estate di Kepulauan Seribu Tahun Depan

"Kami berharap ke depannya wisman juga lebih ditingkatkan," ujarnya.

Saat ini, pemerintah tengah berupaya meningkatkan pelayanan infrastruktur di Kepulauan Seribu, mulai dari pembenahan homestay, renovasi dermaga dan pelayanan masyarakat terhadap pengunjung yang datang.

Pemprov DKI Sediakan 6 Posko Pelayanan Pendaftaran KJMU, Ini Daftarnya

Selain meningkatkan infrastruktur, upaya lain yang dilakukan adalah melalui peran dari Abang None Kepulauan Seribu. Ajang yang mencari duta pariwisata dan budaya untuk mengembangkan serta melestarikan budaya dan pariwisata Kepulauan Seribu tersebut mengusung tema 1.000 Kontribusi untuk 1 Destinasi.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu, Fadjar Haridjaja meminta mereka mempromosikan wisata bahari Kepulauan Seribu hingga ke kancah global. Apalagi saat ini beberapa pulau di Kepulauan Seribu memiliki spot menyelam yang tak kalah indahnya dengan taman laut lainnya.

"Kami harapkan nantinya bisa meningkatkan jumlah wisatawan bukan cuma dari warga Jakarta, tapi juga wisatawan asing," ujar Fajar.

Selain itu, mereka juga bisa merangkul dan memberdayakan masyarakat untuk sadar wisata. Kepulauan Seribu merupakan salah satu destinasi wisata prioritas yang masuk ke dalam 10 Bali Baru. Kepulauan Seribu memiliki berbagai potensi wisata yang bisa dikembangkan, terutama dari sektor bahari, selain dari sisi sejarah, kebudayaan, dan aneka kuliner khasnya.

Kata Budi, para Abang None yang terpilih bisa memberikan kontribusi dalam meningkatkan promosi wisata Kepulauan Seribu mengingat saat ini banyak pulau yang sangat menarik untuk dikunjungi baik oleh para wisatawan Nusantara mau mancanegara.

"Kepulauan seribu itu enggak hanya ada wisata bahari seperti snorkling, pantai dan diving. Tapi pengunjung juga bisa menikmati wisata pulau sejarah, pulau konservasi, dan pulau resor. Pokoknya keindahan Kepulauan Seribu tidak kalah dengan Bali dan Lombok, " tutur Budi. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya