Singapura Punya Cara Efektif Periksa Penumpang ke AS

Pemeriksaan keamanan di seluruh bandara AS. Prosesnya lebih ketat, melelahkan dan memakan waktu lama.
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Burton/File Photo

VIVA.co.id – Demi pertimbangan keamanan, setiap penumpang pesawat yang menuju ke Amerika Serikat selama ini direpotkan dengan pemeriksaan keamanan di bandara – yang prosesnya lebih ketat, melelahkan dan memakan waktu lama. Namun, maskapai asal Singapura punya cara untuk memeriksa penumpang dengan lebih cepat dan efektif di bandara keberangkatan.

KNKT Beberkan Kronologi Pilot dan Co-Pilot Batik Air yang Tertidur saat Terbangkan Pesawat

Maskapai penerbangan Singapore Airlines (SIA) bekerja sama dengan Dinas Keamanan Transportasi (Transportation Security Administration/TSA) AS menawarkan program percepatan proses penyaringan keamanan berdasarkan program pra-pemeriksaan (precheck) TSA untuk beberapa bulan ke depan. Precheck itu biasanya berlangsung saat melakukan penerbangan dari bandara-bandara yang berada di Amerika Serikat.

Menurut siaran pers Singapore Airlines, dengan program itu, para penumpang pun tak lagi menunggu terlalu lama saat pemeriksaan. Program ini menyediakan jalur terpisah untuk proses penyaringan keamanan saat keberangkatan.

Jelajahi Keajaiban Alam dan Budaya di Kota Paling Cerah di Australia Pakai Tiket Hemat

Pada jalur ini para wisatawan tak perlu repot untuk mengeluarkan atau melepas jaket, sabuk, laptop, zat cair, dan sepatu saat pemeriksaan berlangsung.

Selain bagi warga negara Amerika Serikat dan penduduk tetap khususnya yang bisa mendaftar, program ini juga dapat dimanfaatkan bagi warga non-Amerika Serikat yang ingin mendaftar melalui beberapa program Customs Border Protection (CBP). CBP adalah program perjalanan terpercaya seperti Global Entry, NEXUS, dan SENTRI.

Terbang Tinggi! Vietjet Air Raih Penghargaan Manajemen Keuangan dan Penerbangan

Sementara, warga Singapora pun berhak untuk mendaftar program Global Entry. Precheck ini juga terbuka bagi warga negara Kolombia, German, Belanda, Panama, Korea Selatan, UK, dan Meksiko.

Setelah berhasil terdaftar, pendaftar mendapatkan known traveler number, yang mungkin akan disediakan oleh maskapai penerbangan pada saat pemesanan atau check in. Tak hanya orang dewasa, program ini pun dapat dinikmati oleh anak-anak berusia 12 tahun ke bawah.

Selain itu, program ini juga menawarkan bagi para pelanggan yang melakukan perjalanan dari dan ke Amerika Serikat pilihan berupa self-printed boarding pass atau mobile boarding pass. Guna memberi kemudahan, wisatawan tak perlu lagi check-in bagasi secara online, dan dapat langsung memprosesnya menuju pintu keberangkatan di bandara. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya