100 Destinasi Wisata Berebut Gelar Terpopuler

Media Gathering Anugerah Pesona Indonesia 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/Raudhatul Zannah

VIVA.co.id – Sebanyak 100 destinasi wisata di Indonesia berebut gelar juara dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017. Ke-100 destinasi wisata itu terbagi atas 10 kategori yang dilombakan oleh Kementerian Pariwisata RI bekerja sama dengan perusahaan pemesanan perjalanan, ayojalanjalan.com.

Aksi Heroik Kakak Selamatkan Adik yang Hampir Jatuh ke Jurang Air Terjun

Sebanyak 100 destinasi wisata itu berasal dari kategori Surga Tersembunyi Terpopuler, Obyek Wisata Bersih Terpopuler, Situs Sejarah Terpopuler, Tempat Menyelam Terpopuler, Tempat Berselancar Terpopuler. Selain itu, Dataran Tinggi Terpopuler, Tujuan Wisata Baru Terpopuler, Kampung Adat Terpopuler, Obyek Wisata Belanja Terpopuler, Obyek Wisata Unik Terpopule.

Sedangkan lima kategori lainnya yang ikut dilombakan, Makanan Tradisional Terpopuler, Atraksi Budaya Terpopuler, Festival Pariwisata Terpopuler, Minuman Tradisional Terpopuler, dan Promosi Pariwisata Digital Terpopuler. Ketua Penyelenggara API 2017, Nanda Satria Azwar mengatakan, API tahun ini mengalami perbaikan dibanding tahun sebelumnya.

Desa Pandansari Kini Punya Obyek Wisata River Tubing

Pada tahun lalu, hanya 10 kategori yang dilombakan. Adapun lima kategori baru, yakni Kampung Adat Terpopuler, Minuman Tradisional Terpopuler, Obyek Wisata Belanja Terpopuler, Obyek Wisata Unik Terpopuler, dan Promosi Pariwisata Digital Terpopuler.

"Kategori Digital ini supaya merangsang teman-teman yang ahli digital untuk mempromosikan wisata Indonesia," kata Nanda saat Media Gathering di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin, 5 Juni 2017.
   
API kali ini menjadi gelaran kedua, yang bertujuan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata nusantara. Di samping itu, ajang ini demi mendorong pemerintah daerah (pemda) agar semakin rajin dan agresif mempromosikan destinasinya.

Aceh Siapkan 110 Event Wisata di 2020 Demi Gaet 3 Juta Wisatawan

Adapun pemilihan setiap kategori, Nanda menjelaskan, berdasarkan hasil seleksi. Misalnya kategori wisata, kuliner, atraksi wisata maupun festival budaya terpilih adalah yang selama ini sangat populer di Indonesia.

Untuk menentukan pemenangnya, masyarakat pun bisa berpartisipasi dengan melakukan voting dan mengirimkan pesan singkat yang sudah dimulai bulan ini hingga Oktober 2017 mendatang. Sedangkan pengumuman pemenang API 2017 akan digelar pada November 2017.

Obyek wisata yang ikut dalam ajang ini berasal dari 34 provinsi, 77 kabupaten, dan 34 kota di Indonesia. Obyek wisata itu, di antaranya Kampung Terapung Suku Bajo, Wakatobi dan Perkampungan Budaya Betawi, Jakarta yang ikut dalam kategori Kampung Adat Terpopuler.

Sedangkan Es Selendang Mayang dari Jakarta dan Teh Oolong Kepahiang dari kabupaten Kepahiang masuk dalam kategori Minuman Tradisional Terpopuler. Adapun kategori Promosi Pariwisata Digital Terpopuler, yang menjadi kategori khusus ini, di antaranya @disparbud_jabar di Twitter, @PariwisataBelitung di Facebook,  @Twit_Samosir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya