Lima Kuil Buddha Atraktif yang Layak Anda Kunjungi

Wisata Matahari Terbit Borobudur
Sumber :
  • Antara/Andreas Fitri Atmoko

VIVA.co.id – Sebagai agama utama dunia, Buddhisme adalah salah satu sistem kepercayaan paling berpengaruh di dunia. Didirikan lebih dari 2.500 tahun yang lalu, ajaran Buddha mengajarkan cara untuk mengakhiri penderitaan. Ajaran Budha telah menyebar ke setiap penjuru dunia sejak pendiriannya.

Chattra Penting Dipasang karena Dinilai Sebagai Salah Satu Ikon Candi Borobudur

Pengaruh Buddhisme membentang jauh melampaui dampak yang dimilikinya terhadap kepercayaan jutaan orang sepanjang sejarah. Namun juga memainkan peran utama dalam mengilhami beberapa hal paling menakjubkan yang pernah ada di dunia ini.

Meski memiliki inspirasi yang sama, candi Budha telah dibangun dalam berbagai bentuk dan ukuran dengan berbagai gaya desain yang unik. Berikut daftar lima candi Budha yang unik yang harus Anda kunjungi seperti dikutip laman Huffington Post.

BRIN Diminta Koordinasi dengan Kemendikbud soal Pemasangan Catra Borobudur

1. Kuil Mahabodhi, Bodh Gaya, India

Kuil Mahabodhi di Bodh Gaya, India adalah kuil Budha yang paling bersejarah dalam daftar ini. Nama itu secara harfiah berarti 'Kuil Pencerahan Agung'.

Pakar dan Akademisi Sarankan Chattra Segera Dipasang di Candi Borobudur

Kuil Mahabodhi terletak di mana Buddha yang bersejarah dikatakan telah mencapai pencerahan dan menampilkan pohon Bodhi yang merupakan keturunan langsung dari pohon pencerahan Buddha. Situs suci ini memiliki menara batu bata yang berdiri di ketinggian sekitar 180 kaki, serta empat bagian yang lebih kecil mengelilinginya.

Candi ini penuh dengan beberapa stupa kecil dan patung Buddha di luar menara utama serta memiliki dinding dengan penggambaran kehidupan Sang Buddha. Kuil ini diyakini telah dibangun oleh Kaisar Buddha Ashoka Agung sekitar 200 tahun setelah pencerahan Sang Buddha. Kuil Mahabodhi juga dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada 2002.

2. Pagoda Shwedagon, Yangon, Myanmar

Pagoda Shwedagon atau Pagoda Emas di Yangon, Myanmar mungkin adalah salah satu kuil Budha yang paling mempesona di dunia. Menara Pagoda berlapis emas yang bersinar di ketinggian sekitar 100 meter dan bertatahkan dengan ribuan berlian, batu rubi serta permata berharga lainnya.

Pagoda Shwedagon memegang apa yang diyakini sebagai peninggalan Buddha sendiri dan menara utama diakhiri dengan berlian 76 karat yang mengesankan. Kisah asal kuil Theravada kuno ini hilang pada waktunya, namun sejarawan pada umumnya sepakat bahwa bangunan ini dibangun sekitar abad ke-6 dan ke-10. Pada malam hari, kuil emas yang terang terlihat jelas bahkan bermil-mil jauhnya.

3. Fo Guang Shan, Distrik Dashu, Kaohsiung, Taiwan

Kuil Fo Guang Shan di Kota Kaohsiung, Taiwan mengambil langkah mundur dari kuil kuno klasik dalam daftar ini dan menawarkan pengalaman ke dalam Buddhisme di dunia modern. Kuil seluas 300 hektar di Kota Kaohsiung merupakan markas besar Ordo Buddha Fo Guang Shan yang didirikan pada 1967.

Perintah tersebut mengikuti Buddhisme Humanistik dan terkenal dengan pelukan metode pengajaran modern. Kuil Mahayana yang populer dirancang dengan desain tradisional Asia Timur dan memiliki tempat-tempat peristirahatan yang megah, bangunan megah, sera menawarkan banyak aktivitas di kompleks kuilnya yang besar.

Kuil ini juga merupakan rumah bagi Museum Buddha Fo Guang Shan, salah satu museum Buddhis kontemporer yang paling mengesankan di dunia. Museum ini menampilkan pameran Buddhis yang komprehensif, festival reguler dan acara, bahkan menyimpan peninggalan gigi dari Buddha yang bersejarah.

4. Wat Phra Dhammakaya, Pathum Thani, Thailand

Wat Phra Dhammakaya di Pathum Thani, Thailand adalah candi Budha besar lainnya yang mengintip Buddhisme modern di dunia sekarang ini. Juga dikenal dengan metode pengajaran modernnya, kuil Theravada ini terkenal dengan ukuran dan gaya desainnya yang sangat besar.

Didirikan pada 1970, candi ini mengikuti desain minimalis yang sangat sederhana dan memadukan arsitektur kuil tradisional Thailand dengan kontemporer yang renyah. Wat Phra Dhammakaya memiliki banyak tempat menarik, termasuk stupa modern yang ramping dengan 1 juta patung Buddha, beberapa kenangan mengesankan, dan aula meditasi besar yang dapat menampung ratusan ribu orang.

Sekitar 1000 hektar, candi ini berukuran dua kali lebih luas dari negara Monaco. Tapi jangan biarkan hal itu mengintimidasi Anda, bait suci ini lengkap dengan sistem jalan yang terpelihara dengan baik dan memberi para tamu akses yang cukup ke transportasi untuk mengunjungi berbagai pemandangan.

5. Borobudur, Magelang, Indonesia

Kembali ke kuil klasik zaman kuno, Borobudur, yang terletak di Magelang, Indonesia adalah candi Budha yang paling terkenal dalam daftar ini. Situs Warisan Dunia UNESCO, kuil Mahayana terdiri dari beberapa lapisan platform yang membawa pengunjung dalam perjalanan melalui kosmologi Buddhis.

Candi ini terbagi menjadi tiga tingkatan yang melambangkan tiga alam, yaitu Kamadhatu (alam nyata), Ruphadatu (alam berbentuk), dan Arupadhatu (alam tak berbentuk) yang dihiasi beberapa stupa serta panel relief di seluruh bait suci yang menggambarkan Hukum Karma dan beberapa Buddha.

Meskipun tidak diketahui siapa yang membangun monumen tersebut, diperkirakan telah dibangun dari lebih dari 2 juta blok batu sekitar abad ke-9. Monumen yang terkenal juga dianggap sebagai tempat ziarah utama, dengan umat Buddha di Indonesia sering mengunjungi reruntuhan kuno secara massal setiap tahun untuk merayakan Hari Waisak. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya