Puncak Mangunan 'Negeri di atas Awan' yang Instagrammable

Pemandangan eksotis di Puncak Mangunan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Sumber :
  • VIVA/Dedy Priatmojo

VIVA.co.id – Menikmati liburan hari raya Idul Fitri di kampung halaman tidak sah rasanya kalau tidak 'meng-eksplore' beragam tempat wisata nan eksotis yang ada. Di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, misalnya, ada beragam tempat rekreasi yang sayang bila Anda lewatkan. Salah satunya pesona Kebuh Buah Mangunan.

Keren-keren! 5 Tempat Wisata Ini Bisa Diakses dari HeHa Ocean View

Lokasinya yang berada di selatan Yogya dengan ketinggian berkisar 150-200 mdpl, menyajikan pemandangan alam pegunungan yang eksotis. Tempat wisata ini berada di wilayah Imogiri, tak jauh dari pemakaman raja-raja Mataram.

Kebuh Buah Mangunan, Bantul, Yogyakarta

Tak Ada Habisnya, Ini 30 Destinasi Wisata Jogjakarta yang Bikin Rindu

Namanya saja kebuh buah, Anda akan menemui deretan pohon buah-buahan sebelum bisa mencapai puncak Mangunan. Berbagai tanaman buah ditata apik menyesuaikan kontur tanahnya yang berbukit. Ada pohon jambu kristal, jeruk, mangga, rambutan, sawo, durian, kelengkeng, manggis, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa ikutan memanen buah-buahan di lahan seluas 24 hektare ini, pengunjung harus datang saat musim panen buah tiba, biasanya di bulan Maret dan April.

Wisata Bak Negeri Dongeng di Seribu Batu Songgo Langit

Tapi, bukan hanya kebuh buah saja yang bisa dinikmati dari tempat ini. Anda harus naik ke atas puncaknya. Bisa dengan berjalan kaki, naik motor atau juga dengan mobil. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan memang harus ekstra hati-hati karena tanjakannya yang curam dan harus bergantian untuk bisa naik ke atas.

Sampai di puncaknya terdapat area parkir yang cukup luas. Beberapa fasilitas publik, seperti toilet, musala dan kantin tersedia di atas. Dari sini, Anda sudah bisa menikmati pemandangan Bantul dan Gunungkidul dari atas puncak Mangunan.

Di sisi selatan puncak ini Anda akan mendapati pamandangan tebing-tebing batuan karst yang indah dan liukan Sungai Oyo yang berwarna kehijauan. Lokasinya yang sudah dikelilingi pagar beton membuat Anda aman untuk berfoto selfie dan menikmati keindahan alam Yogyakarta.

Di sini juga terdapat gazebo-gazebo kecil yang tertata rapi berada persis di pinggir-pinggir tebing. Bagi Anda yang suka ketinggian, Anda bisa naik ke atas rumah pohon untuk semakin menikmati panorama alam dan berpose cantik untuk narsis di media sosial. Ingat ya, naiknya harus bergantian.

Datang Lebih Pagi

Keindahan puncak Mangunan ini bisa Anda nikmati jika Anda bisa lebih pagi datang ke sini. Sambil menunggu matahari terbit, Anda akan disuguhkan pemandangan tak biasa. Lekukan Sungai Oyo yang biasanya terlihat di siang hari, akan tertutup kabut putih di pagi hari.

Hamparan pemandangan pegunungan yang hijau dengan kabut putih yang mengikuti lekukan sungai menjadi pemandangan eksotik, seolah Anda sedang berada di atas awan.

Pemandangan eksotis di Puncak Mangunan, Bantul, Yogyakarta

"Itu nama tebingnya Sangupati, orang menyebutnya 'negeri di atas awan'," kata Poniran, salah seorang petugas di Kebun Buah Mangunan, kepada VIVA.co.id Senin, 26 Juni 2017.

Di musim lebaran seperti saat ini, obyek wisata Kebun Buah Mangunan bisa dikunjungi hingga 6.000 pengunjung setiap harinya. Untuk masuk ke dalam tempat wisata ini, pengunjung cukup merogoh kocek Rp6.000 per orang. Murah bukan? (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya